Spesialis Perampok antar Provinsi Disergap Polres Tanjung perak

Spesialis Perampok antar Provinsi Disergap Polres Tanjung perak Petugas saat menunjukkan kedua pelaku dan barang bukti. (foto: rusmiyanto/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua dari empat pelaku perampokan PT Indo Kemika yang berada di Margomulyo Blok KK Nomor 14-15 Surabaya akhirnya berhasil dibekuk satuan reserse Polres Tanjung Perak.

Kedua pelaku yang ditangkap masing-masing bernama Ahmad Kaseh (28) dan Lasminto alias Togek (32), asal warga Blora, Jateng. Keduanya ditangkap di Jl. Raya Kapuk, Cengkareng, Jakarta barat pada Kamis (9/7). Keduanya pun langsung digelandang pada Jumat (10/7) dan tiba pada malam harinya di Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Keduanya merupakan spesialis perampok antar provinsi yang pernah beraksi di Jawa Timur enam kali dan di Jakarta dua kali.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Aldy Sulaiman mengatakan bahwa dalam pengejaran yang dilakukan, pihaknya dibantu oleh tim Cobra Polda Jatim dan Jatanras Polres Metro Jakarta Barat.

“Tersangka AK, kami amankan di Pasar Tradisional di Jl Raya Kapuk saat mengendarai mengendarai mobil Toyota Avanza Hitam B 2527 BFC. Diperkuat mobil sarananya ditemukan sejumlah senjata tajam, dan mengembang kepada pelaku yang merupakan otaknya yaitu LS,” terang Aldi Sulaiman.

Saat menangkap kedua tersangka perampokan ini di Jakarta, petugas sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak juga menyita mobil Avanza hitam, tiga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan 10 kunci mobil. Selain itu, juga didapati senjata air soft gun, tiga pisau dan satu parang yang biasa digunakan komplotan ini beraksi.

Dalam catatan Kepolisian, selain di pergudangan Margomulyo, komplotan perampokan Kaseh Cs ini sudah dua kali beraksi di pertokoan dan perkantoran sekitar Tol Darmo dan dua kali di kawasan Rungkut. Selain itu, mereka juga pernah tiga kali beraksi di Jakarta.

Seperti diketahui, aksi keduanya yang di PT Indo Kemika Pergudangan Suli Mulia permai Margomulyo Blok KK Nomor 14-15 Surabaya dilakukan pada Rabu (1/7/2015) sekitar pukul 23.30 WIB.

Aksi komplotan perampok tersebut kebetulan terekam cctv. Diketahui dari rekaman tersebut, pelaku berjumlah 3 orang. Untuk melancarkan aksi perampokan, dua security dilumpuhkan, kemudian pelaku langsung melarikan mobil operasional perusahaan Toyota Avanza B 952 TFF dan kamera poket yang ada di pos keamanan.

Setelah seminggu melakukan pengejaran, akhirnya Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak berhasil melacak keberadaan kedua tersangka. (yan/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO