Pemkab Gresik Raih Penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes dan Kemendagri

Pemkab Gresik Raih Penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes dan Kemendagri Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab meraih penghargaan Swasti Saba dari dan . Apresiasi tersebut merupakan hasil dari kerja keras Pemkab mewujudkan masyarakat sehat.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, kepada Wakil Bupati , Aminatun Habibah, bersama 136 kabupaten dan kota se-Indonesia di Jakarta, Selasa (27/11/2023).

Penghargaan Swasti Saba ini menunjukkan berhasil menjalankan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Wakil Bupati yang akrab disapa itu menyatakan, anugerah ini dapat tercapai atas kekompakan dari seluruh pihak dalam mewujudkan lingkungan sehat.

"Alhamdulillah, Kabupaten kembali mendapatkan penghargaan Swasti Saba. Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa kita terus berupaya dalam mewujudkan lingkungan yang sehat untuk masyarakat," ujarnya.

Ia berharap, OPD terkait terus berusaha agar program KKS dapat ditingkatkan. Masyarakat pun diingatkan agar terus berupaya dalam menjaga pola hidup sehat.

"Mari bersama-sama kita bangun lingkungan yang baik untuk kita, khususnya anak-anak kita." tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan , Mukhibatul Khusnah, mengatakan bahwa pencapaian ini akan menjadi sebuah energi baru di lingkungan Kabupaten .

"Penghargaan ini menjadi motivasi yang baik bagi kita untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya harap akan tetap istiqomah dalam mewujudkan sehat," ucapnya.

Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan oleh dan setiap 2 tahun sekali. Tahun ini, kriteria yang dinilai cukup berbeda dengan 2 tahun lalu, di mana pada awalnya hanya ada 7 tatanan, kini bertambah hingga 9 tatanan.

Ke-9 tatanan KKS yaitu, tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan pendidikan, tatanan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, tatanan pencegahan dan penanganan bencana. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO