Persiapan Nataru, Polres Kediri Kota Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023

Persiapan Nataru, Polres Kediri Kota Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 Kapolres Kediri Kota, AKBP Teddy Chandra, saat menyalami personel yang bertugas. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kota melaksanakan apel gelar pasukan 2023 dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (), Kamis (21/12/2023). Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat beserta stakeholkder terkait di Kota Tahu.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kapolres Kota, AKBP Teddy Chandra, membacakan amanat Kapolri. Ia menyatakan, agenda tersebut merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan dapat berjalan optimal. 

"Ada tiga poin utama yang menjadi perhatian tim gabungan, yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif, serta kelancaran arus mudik dan arus balik ,” ujarnya.

Ia mencontohkan, terkait dengan upaya mewujudkan stabilitas harga pangan. Menurut dia, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil.

”Upaya tersebut diwujudkan melalui kerja sama dengan kementerian/lembaga terkait serta penegakan hukum terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan,” paparnya.

Sedangkan untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, ia mengingatkan kepada seluruh petugas untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional melalui peningkatan kegiatan preemtif, preventif, dan represif. Terkait kelancaran arus lalu lintas, mereka diminta untuk memberikan pelayanan terbaik.

”Berikan atensi penuh pada titik rawan kecelakaan dan rawan macet, terutama pada puncak arus mudik yakni H-2 Natal 2023 dan tahun baru 2024. Dan untuk puncak arus balik pada H+5 Natal 2023 dan Tahun baru 2024,” katanya..

Untuk mengantisipasi kerawanan dimaksud, tim gabungan akan menempatkan beberapa pos utama dan pos persinggahan sementara, yakni pos pelayanan di simpang empat alun-alun, serta 7 Pos Pam yang tersebar di jalan-jalan protokol, dan depan gereja yang melaksanakan misa  maupun Ibadah Natal.

Pihaknya pun melakukan pengamanan kepada seluruh Gereja yang berada di wilayah hukumnya saat perayaan Natal 2023. Tim gabungan juga mengamankan lokasi yang menjadi pusat keramaian (pusat perbelanjaan), serta saat malam pergantian tahun seperti alun-alun, Bundaran sekartaji, jalan proyek bandara, serta jalan-jalan protokol

"Adapun Operasi ini berlangsung selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024," kata Teddy. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO