Pesantren Tebuireng Netral dalam Pilpres, Jaga Marwah Pesantren dan Ikuti Ajaran Hadratussyaikh

Pesantren Tebuireng Netral dalam Pilpres, Jaga Marwah Pesantren dan Ikuti Ajaran Hadratussyaikh KH Abdul Hakim Mahfudz, pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang. Foto: bangsaonline

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur mengeluarkan surat pernyataan yang isinya netral dan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Pesantren Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berasaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat, sebagaimana diajarkan oleh Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari,” demikian poin pertama surat pernyataan Pesantren Tebuireng yang ditandatangani Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz hari ini, Rabu (7/2/2024).

Ada 5 poin atau butir dalam surat pernyataan yang memakai kop resmi Pesantren Tebuireng itu.

“Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden,” bunyi pernyataan itu pada poin ke-2.

Pada poin ke-3 berbunyi: Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Kontestasi dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Poin ke-4 berbunyi: Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Sementara poin ke-5 bernyunyi: Adanya kegiatan “pemberian dukungan” terhadap salah satu Paslon di acara “Mudzakarah Indonesia Maju” yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng) tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal.

Pernyataan ini dekeluarkan sekaligus untuk merespon dan membantah beredarnya tentang deklarasi yang mendukung salah satu paslon tertentu dengan mengatasnamakan Pesantren Tebuireng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO