Khofifah Optimis Jatim Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi dalam Peringatan Hari Dermaga Nasional

Khofifah Optimis Jatim Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi dalam Peringatan Hari Dermaga Nasional Hari Dermaga Nasional.

MAKKAH, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Mantan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa menyatakan, dermaga memiliki arti penting bagi pusat perekonomian bangsa dan dunia.

Hal itu, ia sampaikan dalam memperingati Hari Dermaga Nasional setiap tanggal 17 Juni. Peringatan ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peran penting dermaga dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia, yang dikenal sebagai negara maritim.

Melihat potensi yang besar dari sektor kelautan, perikanan dan hasil budi daya tangkap lainnya yang bermuara di dermaga, Khofifah optimis bisa menjadi pusat gravitasi ekonomi Indonesia.

Menurut Khofifah, di sendiri terdapat empat pelabuhan besar, yaitu, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Boom Banyuwangi, Pelabuhan Kalianget dan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

“Peningkatan kapasitas dan layanan Pelabuhan sangatlah penting dilakukan karena pelabuhan itu memiliki peran sangat vital dalam menunjang kelancaran distribusi logistik dari dan ke wilayah serta dari dan ke berbagai negara," tegasnya memberikan respon terkait Hari Dermaga Nasional di sela-sela menunaikan ibadah Haji, di Makkah, Selasa (18/6/2024).

Sebagai Hub Indonesia Timur, Khofifah mengatakan, bahwa memiliki dua dermaga yang bisa mengangkut barang, orang maupun aktivitas perdagangan dengan skala besar.

“Tanjung Perak di Kota Surabaya dan Tanjung Tembaga di Probolinggo merupakan bentuk kesiapan Jawa Timur dalam memenuhi pasar antar pulau dan meningkatkan aktivitas ekonomi,” katanya.

“Sebagai Negara Maritim, Indonesia terkenal memiliki banyak kapal-kapal yang berlabuh di dermaga untuk melakukan berbagai aktivitas ekonomi dan pariwisata,” tambahnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO