Pascaputusan MK 60, NasDem Gresik Siap Berangkatkan Calon di Pilkada 2024

Pascaputusan MK 60, NasDem Gresik Siap Berangkatkan Calon di Pilkada 2024 Ketua Bapilu NasDem Gresik, Akhmad Roni, saat konferensi pers. Foto: Ist

Listen to this article

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPD Gresik menyiapkan calon untuk mengikuti pesta demokrasi November mendatang. Keputusan itu pascaterbitnya putusan Mahkamah Konstitusi () Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang mengatur syarat minimal partai bisa mengusung pasangan calon bakal calon bupati, dan bakal calon wakil bupati untuk maju .

"Putusan No. 60 membawa angin segar bagi DPD Partai Gresik. Sebab, dalam amar putusannya mahkamah mengabulkan permohonan Partai Buruh dan Partai Gelora untuk merubah ambang batas partai politik, atau gabungan partai politik yang bisa mengusung kepala daerah sendiri," karta Ketua Bapilu Gresik, Akhmad Roni, Rabu (21/8/2024).

Mengacu keputusan tersebut, kabupaten dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap 500.000-1.000.000 jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang ingin mengusung kepala daerah sendiri memperoleh suara sah paling sedikit 7,5 persen.

"Tentu keputusan ini kami sambut gembira, dan kami respon cepat karena Partai Gresik memperoleh 62.485 suara sah yang setara dengan 7,8 persen suara di Kabupaten Gresik hasil Pemilu 2024. Karena itu, secara prinsip Gresik siap tarung dan membangun koalisi dengan parpol lain," urai mantan Ketua KPU Gresik periode 2014-2024 itu.

Namun demikian, kata Roni, meski bisa mengusung calon kepala daerah sendiri namun pihaknya menginginkan adanya kebersamaan dengan partai lain. Nasdem terus melakukan kalkulasi, dan membaca peluang maju Pilkada Gresik melalui rapat terbatas dalam rangka menyiapkan figur kuat untuk pesta demokrasi tahun ini.

"Hari ini kami punya figur yang kuat untuk bertarung pada Pilkada Gresik 2024. Kami siap bergandeng, bersanding, berunding bukan bertanding demi kemajuan Gresik bangkit bersama rakyat," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO