Kejari Gresik Akhirnya Tahan Joko, Tersangka Kasus Korupsi Hibah UMKM Diskop Gresik

Kejari Gresik Akhirnya Tahan Joko, Tersangka Kasus Korupsi Hibah UMKM Diskop Gresik Tersangka Joko (pakai rompi) saat digelandang ke Rutan Banjarsari usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik akhirnya menahan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) Diskop UKM dan Perindag Gresik, Joko Pristianto, dalam kasus korupsi hibah UMKM dari APBD-Perubahan tahun 2022 Rp17,6 miliar, Senin (14/10/2024).

Sebelum ditahan, Joko sempat menjalani pemeriksaan intensif sejak siang hingga petang.

Baca Juga: Rugikan Negara Miliaran Rupiah, Masyarakat Minta Kejari Gresik Bongkar Penikmat Korupsi Hibah UMKM

Pantauan wartawan, Joko baru keluar dari ruang pidana khusus (pidsus) dengan memakai rompi oranye sekira pukul 18.00 WIB.

Joko langsung dimasukkan mobil tahanan Kejari Gresik dan dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Banjarsari, Kecamatan Cerme. Joko akan menjalani penahanan perdana selama 20 hari ke depan.

Baca Juga: Kepala Desa di Benjeng Ngaku Diusir Siska saat Perjuangkan Warga Terbelit Utang Koperasi

Dalam penahanan Joko, Pidsus Kejari Gresik juga menghadirkan tersangka Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, Kabid Koperasi UKM pada Diskop, UKM, dan Perindag Gresik.

Dia telah ditahan lebih dulu pada Kamis (10/10/2024), dalam perkara sama.

Diketahui, Kejari Gresik menetapkan empat tersangka dalam perkara dugaan korupsi hibah UMKM.

Baca Juga: Siska, Kabid Koperasi Diskoperindag Gresik yang Terjerat Korupsi Hibah UMKM Dikenal Sederhana

Selain Joko Pristanto dan Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, dua tersangka lainnya adalah Kepala Diskop, UKM, dan Perindag Gresik Malahatul Farda serta penyedia barang Ryan Fibrianto.

Untuk Mahalatul Farda dan Ryan Fibrianto sudah menjalani proses hukum di PN Tipikor. Farda divonis 1 tahun 6 bulan penjara, sedangkan Ryan Fibrianto divonis hukuman 1 tahun penjara.

Sebelumnya, Kajari Gresik Nana Riana menjelaskan bahwa tersangka Joko selaku PPBJ berperan melakukan pembelian/pesanan barang sebagaimana yang tertera dalam dokumen penggunaan anggaran (DPA).

Baca Juga: Joko Bakal Ditahan Senin Depan, Kasus Korupsi Hibah UMKM Diskop Gresik Rp17,6 Miliar

"Akan tetapi kualitas dan kwantitas yang diterima downgrade (turun), sehingga terdapat selisih harga dan nilai," ungkap Nana.

Sedangkan tersangka Fransiska selaku Kabid UMKM dan Pejabat Pelaksana Teknis Anggaran (PPTK) bersama terpidana Malahatul Farda dan Joko melakukan pencairan pembelian barang pesanan via e-katalog.

"Padahal, tersangka Fransiska tahu kalau pesanan barang untuk UMKM tidak sesuai dengan spesifikasi dan jumlah. Atas perbuatannya, terjadi kerugian negara miliaran rupiah," terang Nana Riana.

Baca Juga: Diprotes Wartawan, Kasi Pidsus Terkesan Istimewakan Proses Penahanan Siska di Kasus Korupsi UMKM

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Gresik, Alifin Nurahmana, Wanda menambahkan bahwa kedua tersangka (Fransiska dan Joko) mengetahui kalau apa yang dilakukan telah merugikan keuangan negara.

Ia mengatakan ada unsur kesengajaan atas apa yang dilakukan oleh kedua tersangka, sehingga terjadi kerugian negara.

"Dalam waktu dekat, berkas kedua tersangka akan segera dilimpahkan ke PN Tipikor Surabaya untuk proses persidangan," pungkasnya. (hud/rev)

Baca Juga: Sosialisasi Penggunaan DD, ini Pesan Kajari Gresik pada Kades se-Kebomas agar Tak Korupsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO