Diskusi DPD-MPR RI dan LSM di Kota Batu: Masyarakat Diimbau Awasi dan Kawal Dana Desa

Diskusi DPD-MPR RI dan LSM di Kota Batu: Masyarakat Diimbau Awasi dan Kawal Dana Desa Suasana diskusi bersama antara LSM Satmata dengan anggota DPD RI-MPR RI, di Kelurahan Dadaprejo. foto: istimewa

MALANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat harus berperan aktif dalam mengawasi dan mengawal penggunaan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah. Imbauan itu muncul dalam diskusi anggota DPD RI–MPR RI Abdul Qadir Amir Hartono, SE, SH, MH dan LSM Satmata yang bergerak di bidang ekonomi kreatif di Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Selasa (13/10).

Dalam diskusi yang mengambil tema “Membangun Indonesia dari Desa,” Hartono menyampaikan tolak ukur keberhasilan sebuah desa pada pembangunannya. Desa bisa dikatakan sukses, kata Hartono, apabila memiliki salah satu kriteria yakni menggali potensi desa, pelaksana pembangunan desa memiliki kompetensi secara professional dan adanya anggaran desa yang memadai dan jelas.

“Kami berharap kepada masyarakat desa turut serta mengawasi sekaligus memberikan input melalui ide kreatif pembangunan. Tujuannya untuk peningkatan pembangunan fisik desa, pembangunan ekonomi desa serta pemberdayaan masyarakat desa, supaya tidak tertinggal dengan lainnya,” ujar dia.

Sementara Ahmad Farroh Hasan, S.HI, M.Si Ketua LSM Satmata menuturkan adanya sosialisasi akan mendorong masyarakat dan LSM mengawasi pelaksanaan Dana Desa lebih aktif lagi. Pengawasan akan dilakukan di semua sektor agar terhindari dari penggunaan dana yang sia-sia. (mlg1/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO