Sabtu, 15 Mei 2021 18:24

Ribuan Massa di Sampang Demo, Tuntut Pilkades 4 Desa Ditunda

Rabu, 21 Oktober 2015 21:33 WIB
Ribuan Massa di Sampang Demo, Tuntut Pilkades 4 Desa Ditunda
Aksi massa saat demo di depan gedung DPRD Sampang. foto: bahri/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Akibat ulah pengurus P2KD (Panitia Pemilihan Kepala Desa) yang tidak profesional dan tidak tegasnya sikap pejabat Pemkab Sampang dalam mengambil keputusan, ribuan masa gabungan dari dua desa demo. Massa berasal dari desa Batuporo Barat Kecamatan Kedungdung dan Desa Tolang Kecamatan Banyuates.

Ribuan massa yang menyatu di depan gedung DPRD Kabupaten Sampang praktis membuat jalan macet total karena penuh sesak dengan masyarakat yang berdemo. Mereka meminta keadilan dan ketegasan Pemerintah yang dinilai berat sebelah dalam mengambil keputusan.

"Masyarakat Batuporo Barat merasa didzolimi, karena bakal calon atas nama H. Muhdor dicoret panitia karena ada permasalahan administrasi. Kami merasa ada intervensi dari Wakil Bupati Fadhilah Budiono dalam pelaksanaan tahapan Pilkades," ungkap Tamsul dalam orasinya.

Mengetahui ada intervensi, warga menuntut Wakil Bupati Sampang mundur dari jabatanya karena dinilai ikut campur dan bermain mata dengan panitia P2KD. "Lebih baik Wabub mundur saja dari jabatanya," teriak massa.

BACA JUGA : 

4 Bupati dan BPWS Teken MoU, Tingkatkan Pembangunan Ekonomi dan Teknologi di Madura

​Separuh Masyarakat Madura Miskin, Empat Bupati Diminta Tak Andalkan Pertanian dan Pegawai Negeri

Tidak Mau Kecolongan Masuk Zona Merah, Bupati Blusukan Pantau Posko Covid-19 per Kecamatan

Sampang dan Sumenep Masih Zona Hijau, Gubernur Khofifah Minta Bupati Berbagi Resep Rahasia

Puas berorasi bergiliran, kemudian perwakilan massa minta berdialog dengan Ketua DPRD Sampang. Akhirnya disepakati sebanyak 40 perwakilan warga diperbolehkan masuk untuk berdialog.

Sebelum dialog sempat terjadi kericuhan dengan aparat. Menurut Kasat Intel, yang mempunyai ijin hanya satu desa yakni Desa Batuporo Barat, sementara yang lainnya tidak ada izinnya.

Ketua DPRD Sampang KH. Imam Ubaidilah saat menanggapi adanya tuntutan pendemo berjanji akan membentuk tim khusus untuk mengatasi permasalah beberapa desa yang hendak melakukan Pilkades.

"Jika perlu dalam masalah Desa Batuporo Barat dan Desa lainya itu kami siap membuat tim khusus, akan tetapi semuanya akan kembali ke P2KD masing-masing," terang dia. Puas berdialog akhir perwakilan warga membubarkan diri, dan kemudian melanjutkan aksinya ke Kantor Pemkab Sampang.

Di depan kantor Pemkab Sampang, para pendemo menuntut Pilkades serentak ditunda dan mengancam menduduki kantor Pemerintah Kabupaten Sampang. “Jika Bupati Sampang KH Fannan Hasib dan Wakil Bupati Fadhilah Budiono tidak mau menemui, kami akan menduduki kantor Pemkab,”tegas korlap aksi Slamet Riyadi.(hri/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...