Surat Suara Pilwali Surabaya Mulai Dilipat, Target Rampung 25 November

Surat Suara Pilwali Surabaya Mulai Dilipat, Target Rampung 25 November BEKERJA: Sejumlah pekerja mulai menyortir dan melipat kertas surat suara Pilwali Surabaya, di Kantor KPU Kota Surabaya, Kamis (12/11). foto: maulana/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memulai pelipatan surat suara yang bertempat di gedung KPU Kota Surabaya lantai tiga, Kamis (12/11). Sekitar 2.087.173 lembar lebih kertas yang telah tiba di kantor KPU Kota Surabaya mulai dilipat dengan pengawasan ketat dari petugas Kepolisian, serta staf KPU.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik, dan Urusan Rumah Tangga, Miftakhul Ghufron, mengungkapkan proses pelipatan ini diharapkan bisa secepat mungkin dan sisa waktu untuk penyortiran membutuhkan waktu yang agak panjang karena membutuhkan pencermatan dan ketelitian.

“Kecermatan dan ketelitian dalam penyortiran ini sangat penting agar jangan sampai surat suara yang akan didistribusikan untuk dicoblos rusak. Kategori rusak yang dimaksud yaitu lubang, sobek, warna yang luntur, dan pemotongan yang tidak presisi,“ jelas Ghufron.

Kemarin, pekerja yang melakukan pelipatan berjumlah 50 orang sudah menyelesaikan 100 box surat suara, satu box surat suara berisi 5000 surat suara sehingga jumlah yang sudah terselesaikan pada hari ini 500 ribu surat suara. “Dari sekian banyak surat suara yang sudah terselesaikan ada satu surat suara yang di tengarai rusak,” cetusnya.

KPU dalam melaksanakan pelipatan surat suara ini dibantu tiga personil dari Polrestabes Surabaya untuk membantu keamanan, pegawai pelipatan di cek setiap masuk dan keluar dari ruangan agar keamanan surat suara terjaga.

“Panwas kota surabaya juga memantau jalanya pelipatan surat suara yang pada hari ini diwakilkan oleh pengawas kecamatan Gubeng, Simokerto, Tambak Sari dan Bubutan,” tuturnya.

Dia mentargetkan pelipatan surat suara rampung tanggal 25 November 2015. “Tinggal pengesetan surat suara per kecamatan yang akan dilakukan di kantor KPU Surabaya. Setelah itu pendistribusian surat suara ke kecamatan lima hari menjelang pemungutan suara. Sehingga, H-1 surat suara sudah berada di TPS,“ pungkas alumnus IAIN Surabaya ini. (lan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO