Pemkab Sumenep dan Investor segera Teken MoU Pembangkit Listrik Tenaga Rumput Laut

Pemkab Sumenep dan Investor segera Teken MoU Pembangkit Listrik Tenaga Rumput Laut Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Kahir. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com dan investor akan segera meneken MoU Pembangkit Listrik Tenaga Rumput Laut (PLTRL) yang akan ditempatkan di sejumlah Kepulauan. Hal itu dilakukan setelah persiapan pembangunan PLTRL dirasa sudah matang.

Saat ini, sudah melakukan rapat internal dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan INDRA, sebuah perusahaan investor dari Belanda, untuk kepentingan PLTRL itu.

Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Abd Kahir, memaparkan PLTRL itu nantinya membutuhkan rumput laut jenis Laminaria SP. Sementara rumput laut yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat di Sumenep adalah jenis Eucheuma Cottoni. Karenanya, dengan beberapa investor langsung melakukan survei lokasi yang cocok ditanami rumput laut jenis Laminaria SP.

“Pihak konsorsium dan melakukan survei lapangan ke daerah pantura, yakni di Desa Badur Kecamatan Batuputih dan Desa Lombang Kecamatan Batang-batang,” ujar Kahir, (2/1).

Menurut Kahir, investasi untuk PRTL sangat besar, dan Pemkab hanya diminta menyediakan lahan, juga menjaga kelancaran usaha ketika sudah berjalan nanti. Sementara anggaran untuk tenaga 1 mega mencapai 2 juta US. “Kalau mau dirupiahkan, tinggal dikalikan per 1 US sebesar Rp 14 ribu,” jelasnya.

Lebih jauh Kahir memaparkan, ada dua manfaat yang akan dirasakan masyarakat ketika pembangkit listrik itu rampung dibangun. Manfaat pertama jelas penerangan untuk warga pulau. Sementara manfaat lainnya adalah budidaya rumput laut bisa semakin dikembangkan, apalagi potensi rumput laut di Kabupaten Sumenep selama ini cukup melimpah.

“Kalau pembangkit itu sudah berjalan, maka petani rumput laut tidak usaha cari pasar lagi untuk menjual rumput lautnya. Tinggal dikoordinir untuk kepentingan pembangkit listrik itu,” pungkas mantan Kabag Humas Setkab Sumenep itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO