Heboh Minuman Keras di Rumah Gubernur DKI, Ahok Akui Banyak Bir di Rumahnya

Heboh Minuman Keras di Rumah Gubernur DKI, Ahok Akui Banyak Bir di Rumahnya Sejumlah kaleng bir dalam pertemuan Ahok dengan penggiat media sosial (Foto: Twitter Roy Suryo)

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gaya hidup Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama () yang selalu menyiapkan bir atau minuman keras di rumahnya menuai kontroversi. Bahkan di media sosial heboh karena foto bir itu tampak banyak sekali saat melakukan pertemuan dengan pegiat media sosial di rumahnya di Pantai Mutiara, Jumat, 8 April 2016. Dalam foto tersebut, terdapat beberapa kaleng minuman beralkohol.

Foto tersebut disebar akun Twitter Roy Suryo. Lewat akun @KRMTRoySuryo, ia menuliskan, "Ini wajah-wajah 'pegiat medsos’, silakan dicermati @KPK_RI. Ada dua foto, 1 disetting, 1 candid. Bedanya?"

Baca Juga: Politikus PDI Perjuangan Ungkap Alasan Ahok Layak Maju di Pilgub Sumut 2024

Mantan Menteri Olahraga dan pakar telekomunikasi itu dalam akun Twitternya @KRMTRoySuryo mengunggah sejumlah foto Gubernur DKI yang tengah berkumpul dengan pendukungnya. Dalam pertemuan tersebut, tampak beberapa kaleng dan minuman yang diduga bir.

Ia menjelaskan bahwa pertemuan dilakukan di rumah Pribadi , di bilangan Pluit Jakarta Utara.

“Ini di rumah pribadi ahok, di Pluit. Orang-orang mengajarkan yang tidak bagus. Ketika foto bersama yang disetting , kaleng-kaleng (bir) dihilangin semua. Lalu ada foto yang kelihatannya birnya,” kata Roy dilansir Okezone, Minggu (10/4/2016).

Baca Juga: Viral Ahok Bilang Jokowi dan Gibran Tak Bisa Kerja, PAN pun Bereaksi

Roy menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut diunggah oleh beberapa pendukung yang berkomunikasi melalui media sosial Twitter.

“Yang mengungkap mereka sendiri,” tambahnya.

Mereka, lanjut Roy, saling menonjolkan dirinya di samping ahok. Di Twitter mereka saling pamer, Namun, tiba-tiba bocor.

Baca Juga: Ahok Pengibar Politik Identitas Tingkat Tinggi, Pernah Diberi Gelar Sunan Kalijodo

Bagaimana tanggapan ? Ia menganggap itu masih dalam taraf wajar. Adapun kedatangan pegiat media sosial tersebut, kata , hanya ingin bertemu untuk berkomunikasi tentang persoalan DKI Jakarta.

"Mereka mau datang ke rumah. Mereka mau ketemu, mereka kan pegiat sosial. Mereka punya banyak pertanyaan," kata di Balai Kota, Senin, 11 April 2016. Atas keinginan tersebut, mengizinkan pegiat media sosial tersebut datang ke rumahnya. Mereka diperkenankan menanyakan apa saja.

"Nah, saya oke kalau mereka memang mau tanya macam-macam. Ketemu saya saja. Bebas tanya apa saja. Itu saja," tuturnya.

Baca Juga: Ahok Mencari Pemimpin Bersih

Soal foto minuman kaleng beralkohol, mengakui bahwa foto tersebut benar adanya. Menurut dia, minuman tersebut memang tersedia di rumahnya, sama seperti jenis minuman lain. Apalagi merek minuman beralkohol tersebut adalah Anker.

Anker adalah merek bir yang diproduksi PT Delta Djakarta, badan usaha milik DKI Jakarta. Anker dibuat dengan proporsi campuran beras ke dalam fermentasi biji gandum (barley malt). Minuman tersebut pertama kali diperkenalkan sejak 1932. "Soal bir, di rumah saya memang punya bir. Karena itu produk Anker bir, sekalian promosi," ujarnya.

Setidaknya ada 20 orang yang hadir di kediaman . Nama mereka tertera dalam daftar yang ditulis tangan dari petugas keamanan. Pertemuan tersebut digelar tertutup tanpa awak media.

Baca Juga: Kampung Akuarium Digusur Ahok, Kini Tanahnya Dibawa Anies ke IKN, Apa Maksudnya?

"Saya sendiri enggak ngebir. Kulkas saya penuh. Kamu mau wine, bir, sirup, jus, di rumah saya tersedia. Jadi Anda mau bir, mau apa, silakan bertamu ke rumah saya. Tapi kalau kamu mabuk, gue tempeleng loh. Saya juga tahu difoto kok, saya taruh aja. Biar bagus dong, promosi Anker bir," katanya

Menurut Tempo, pertemuan dan pegiat media sosial di rumah pribadinya membuat heboh netizen. Sebab, dalam foto itu terlihat beberapa botol minuman bir kaleng di jamuan makan malam .

Kejadian itu bermula dari foto yang diunggah Dede Budhyarto melalui akun Twitter-nya, @kangdede78, pada Sabtu pagi, 9 April 2016. Pertemuan itu dilakukan di kediaman bersama para pendukungnya.

Baca Juga: Bukan Ahok, Pengamat Ini Yakin Jokowi Tunjuk Luhut Kepala Ibu Kota Negara Baru

"Hasil diskusi dr jam 19.00 sd 00.00 dgn Pak @basuki_btp nanti bnyk teman2 yg ikut hadir yg share," 

Dalam foto unggahannya, tampak beberapa kaleng bir merek Anker dan San Miguel di atas meja tersebut. Beberapa akun pun mulai mempersoalkan foto tersebut, seperti cuitan @restyies. "Ada kaleng bir?"

Juru bicara sekaligus pendiri Teman , Singgih Widiyastono, mengaku belum bisa memberi tanggapan perihal foto tersebut. "Itu soal bagaimana kesukaan masing-masing. Dari Teman enggak mau membatasi mau ngapain," katanya kepada Tempo, di Graha Pejaten, Jakarta Selatan, Senin, 11 April 2016.

Baca Juga: Roy Suryo: Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Si Mantan Napi?

Singgih mengaku tidak mengenal secara langsung sosok Dede. Namun ia tahu Dede merupakan relawan Joko Widodo-Basuki pada pemilihan gubernur 2012 lalu dan relawan Jokowi saat menjadi calon presiden. "Tapi kalau sudah diundang Pak , mungkin sudah jadi bagian dari kami (pendukung ). Tidak bisa digambarkan kalau orang yang minum itu identitas dari Teman ."

Amalia Ayuningtyas, juru bicara Teman , juga mengatakan hal serupa. Ia menuturkan belum mengenal dekat orang-orang yang diundang dalam pertemuan itu. Lia, sapaan akrabnya, menceritakan, ketika mengunjungi rumah beberapa waktu lalu, ia melihat ada beberapa karton berisi bir dan menanyakannya pada . "Pak bilang, 'kan Pemprov punya saham', jadi suka dikirimin. Tapi itu bukan berarti Pak mengkonsumsi bir," ujarnya.

Juru bicara sekaligus pendiri Teman , Singgih Widiyastono, mengaku belum bisa memberi tanggapan perihal foto tersebut. "Itu soal bagaimana kesukaan masing-masing. Dari Teman enggak mau membatasi mau ngapain," katanya kepada Tempo, di Graha Pejaten, Jakarta Selatan, Senin, 11 April 2016.

Baca Juga: Ahok Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara? Pengamat ini Minta Tokoh Bersih

Singgih mengaku tidak mengenal secara langsung sosok Dede. Namun ia tahu Dede merupakan relawan Joko Widodo-Basuki pada pemilihan gubernur 2012 lalu dan relawan Jokowi saat menjadi calon presiden. "Tapi kalau sudah diundang Pak , mungkin sudah jadi bagian dari kami (pendukung ). Tidak bisa digambarkan kalau orang yang minum itu identitas dari Teman ."

Sementara itu, Amalia Ayuningtyas, juru bicara Teman , juga mengatakan hal serupa. Ia menuturkan belum mengenal dekat orang-orang yang diundang dalam pertemuan itu. Lia, sapaan akrabnya, menceritakan, ketika mengunjungi rumah beberapa waktu lalu, ia melihat ada beberapa karton berisi bir dan menanyakannya pada . "Pak bilang, 'kan Pemprov punya saham', jadi suka dikirimin. Tapi itu bukan berarti Pak mengkonsumsi bir," ujarnya.

Sumber: tempo.co/okezone.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO