Tim Labfor Polda Jatim Olah TKP Pasar Besar Malang: Terbakar Kamis Dinihari, Padam Jumat Siang

Tim Labfor Polda Jatim Olah TKP Pasar Besar Malang: Terbakar Kamis Dinihari, Padam Jumat Siang Kondisi Matahari Department Store pasca kebakaran di Pasar Besar, Malang, Jumat (27/5). Matahari Department Store yang berada di lantai 3 Pasar Besar ini mengalami kerusakan parah dan sebagian ruangan masih mengeluarkan asap. foto: merdeka.com

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kebakaran di Pasar Besar Malang nampaknya benar-benar menguras tenaga personil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang. Mereka datang sejak api berkobar pada Kamis (26/5) dini hari dan hingga Jumat (27/5) siang masih berada di lokasi.

Komandan Regu 2 Damkar Kota Malang, Didik Pujiantoro, mengisahkan ia dan teman-temannya hanya rehat sejenak sejak kemarin. "Semalam hanya istirahat beberapa menit karena pendinginan bangunan baru selesai pukul 02.00," kata dia menjelaskan saat ditemui di Pasar Besar, Jumat (27/5).

Usai pendinginan, para petugas langsung meninggalkan lokasi. Namun baru beberapa jam pergi, petugas damkar harus kembali lagi ke Pasar Besar pukul 06.30 WIB. "Asap ternyata masih mengepul dari sisa-sisa bara api sehingga harus dipadamkan," imbuh pria berbadan gempal ini.

Didik menuturkan damkar Kota Malang mengerahkan kekuatan penuh untuk menjinakkan api di Pasar Besar. Tujuh mobil damkar dan 41 personil damkar diterjunkan selama dua hari ini. Bentuk bangunan yang dipenuhi lorong dan pekatnya asap cukup menyulitkan kerja petugas sehingga pemadaman harus ekstra hati-hati.

Sementara kemarin, Tim Labfor Polda Jawa Timur melakukan Olah TKP di Pasar Besar, Kota Malang. Tim terdiri dari empat orang ini mengawali penyelidikan dari titik aman, sebab hingga saat ini masih ditemukan titik api di lantai dasar maupun lantai di atasnya.

"Tim Labfor sedang olah TKP diawali di titik yang aman. Karena masih ada proses pendinginan, karena pagi tadi asap masih mengepul," ujar Kasatreskrim Polres Malang AKP Tatang Prajitno.

Menurutnya, tujuan penyelidikan dengan melibatkan Labfor Polda Jatim adalah mengungkap penyebab sumber api yang membakar kios dan lapak pedagang di lantai dasar dan atasnya.

"Karena kita belum tahu asal mula api di mana," tuturnya.

Olah TKP ini, jelas dia, dibantu tim identifikasi Satreskrim Polres Malang Kota akan berlangsung cukup lama. Melihat luasnya area pasar di pusat Kota Malang.

"Nanti kita menunggu hasil olah TKP Labfor sebagai bahan penyelidikan," ungkap dia.

Tatang mengaku, sudah meminta keterangan empat saksi yang berasal dari Satpam Pasar Besar. Dari keterangan mereka diketahui bahwa api muncul pertama kali pada pukul 3 pagi.

"Lokasinya di los atau bedak pedagang di area sayuran, ikan, dan ayam. Satu petugas melaporkan adanya kebakaran yang lainnya mencoba melakukan pemadaman," aku Tatang.

Tatang tetap berusaha menyimpan langkah-langkah penyelidikan yang akan dilakukan. Ditanya soal standar pengamanan Pasar Besar yang tidak berjalan semestinya, Tatang enggan memberikan komentar.

"Kalau soal hydrant tidak berfungsi, kami mendengar itu. Tetapi apakah melangkah ke sana itu nanti," jelasnya.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO