Bulan Ramadhan, Pesanan Kaligrafi Arab dari Bambu Meningkat

Bulan Ramadhan, Pesanan Kaligrafi Arab dari Bambu Meningkat Mustamil saat menunjukkan cara pembuatan kaligrafi dari bambu. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bulan suci Ramadhan menjadi berkah tesendiri bagi para perajin kaligrafi dari bambu. Seperti yang dialami Mustamil (42) warga Desa Grogol, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Ia mengatakan pemesanan kaligrafi buatannya meningkat hingga dua kali lipat saat bulan Ramadan seperti saat ini.

“Ada peningkatan pemesanan di bulan puasa tahun ini,” katanya saat ditemui di rumahnya, Selasa (14/6).

Hal ini disebabkan banyak para penggemar kaligrafi bambu untuk hiasan dinding. Pasalnya, dibanding dengan kaligrafi lainnya, kaligrafi yang dibuatnya tersebut harganya cukup terjangkau dibanding jenis kaligrafi lainnya.

“Bahannya kita ambil dari bambu yang sudah kering dan itu sangat memudahkan bahan baku produksi pembuatan kaligrafi ini,” katanya sembari memasang satu per satu potongan bambu yang akan dibuat kaligrafi Arab.

“Harga tergantung dari segi kesulitan pembuatan modelnya. Jadi biasaya pemesan bisa memilih bentuk dan juga jenis karyanya yang diinginkan,” paparnya.

Jika jenis kerumitan yang biasa, paling murah dia mematok harga Rp 150 ribu. Itupun bervariasi jenis karyanya. “Tulisan Arab atau gambar kaligrafi lainnya,” terangnya.

Namun, jika tingkat kesulitannya sangatlah banyak, harga bisa dibandrol hingga jutaan rupiah. Mustamil mengaku saat ini dia banyak menolak pemesanan yang diinginkan konsumennya. Pasalnya, tenaga yang dimilikinya masih minim. Tak hanya itu, alat yang digunakan juga cukup minim.

“Selain itu, alat yang kita gunakan masih manual, jadi tidak bisa ditarget kapan selesainya,” katanya. (ony/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO