Bupati Gresik Inventarisir Dana Eks PNPM Sebesar Rp 58,1 M, akan Digunakan Modal untuk BUMDes

Bupati Gresik Inventarisir Dana Eks PNPM Sebesar Rp 58,1 M, akan Digunakan Modal untuk BUMDes Bupati Sambari saat memimpin rapat evaluasi dana PNPM. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menginventarisir dana eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) senilai Rp 58,1 milliar.

Langkah ini ditempuh sembari menunggu wacana Pembentukan BUMDes (badan usaha milik desa) bersama untuk mengalihkan dana eks PNPM Mandiri oleh Kementerian Desa.

Pemkab Gresik mempersiapkan langkah-langkah untuk mempersiapkan pembentukan BUMDes bersama tersebut dengan menginventarisir dana eks PNPM Mandiri yang tersebar di 13 kecamatan se-Kabupaten Gresik.

Langkah awal yang dilakukan dalam menginventarisir tersebut, Bupati bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengumpulkan seluruh Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks PNPM Mandiri se-Kabupaten Gresik di Ruang Graita Eka Praja, Kamis (9/2).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai langkah untuk menyelamatkan uang negara.

“Kami setuju bila dana eks PNPM ini dialihkan sebagai modal awal BUMDes bersama. Kita inventarisir secara lengkap sambil menunggu dasar hukum dalam pembentukan BUMDes tersebut," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO