Sabtu, 05 Desember 2020 00:44

Stadion Gelora Joko Samudro Layak untuk Pertandingan Tingkat Internasional

Senin, 08 Mei 2017 22:19 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Stadion Gelora Joko Samudro Layak untuk Pertandingan Tingkat Internasional
Stadion Gelora Joko Samudro di Jalan Veteran, Kecamatan Kebomas, tampak megah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) merekomendasikan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) Gresik, Jawa Timur dapat difungsikan untuk pertandingan Sepakbola Liga I maupun pertandingan tingkat International.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TR) Pemkab Gresik Bambang Isdianto didampingi Kabag Humas dan Protokoler Suyono, Senin (8/5/2017).

Kepastian itu berdasarkan surat rekomendasi PSSI bernomer 641/PGD/114/III-2017, tertanggal 10 April 2017 ditandatangani oleh Deputy Sekretaris Jenderal PSSI Fanny Irawan.

Diterbitkannya surat tersebut setelah pihak PSSI melakukan verifikasi pada 3 Meret 2017.

Menurut Bambang, beberapa hal yang disyaratkan PSSI telah dilaksanakan sehingga Gejos layak ditetapkan sebagai stadion standar Internasional. “Insyaallah pada bulan Oktober 2017 Stadion Gejos sudah mulai dipakai untuk pertandingan," jelasnya.

Beberapa hal yang dilakukan saat ini yakni perbaikan plafon yang beberapa saat lalu sempat dilaporkan oleh pihak Dinas Pemuda dan Olah Kabupaten Gresik ambrol.

"Ada sedikit perbaikan yang dilakukan oleh pihak Dinas PU dan Tata Ruang sebagai bagian dari perawatan. Namun secara fisik stadion Gejos sudah baik dan layak. Terbukti PSSI sudah merekomendasikan kelayakannya untuk melaksanakan pertandingan," terangnya.

Bambang menyatakan, sampai tahun 2017, Pemkab Gresik sudah mengucurkan dana sebesar Rp 276,9 miliar untuk pembangunan Stadion Gejos terhitung sejak tahun 2012.

Rinciannya, dana tersebut yaitu tahap awal perencanaan, kontruksi I dan II pada tahun 2012-2015 menelan dana Rp 265,5 miliar.

Periode tahun 2016 pengerjaan konstruksi III menelan dana Rp 2,3 miliar.

Sedangkan pada tahun 2017 sedang dianggarkan untuk pembangunan dasar lintasan atletik, pembangunan pagar tribun, pagar jaring lapangan pemanasan, pembangunan pagar batas selatan, arena skate park, dan pembangunan wall climbing beserta kelengkapannya.

Dari semua pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun ini, Pemkab Gresik telah menganggarkan dana sebesar Rp 9,2 miliar. “Gak Sampai lima ratusan miliar seperti yang digembar-gemborkan selama ini,” katanya.

"Untuk selesai paripurna, kami memang telah mengajukan proposal kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pembangunan lanjutan sebagai sarana penunjang lainnya sebesar 300 miliar. Tapi itu masih pengajuan proposal," sambungnya.

Untuk pemanfaatan stadion Gejos selama ini sudah sangat optimal. Mulai dari dipakai sebagai sarana pameran dan pelaksanaan kegiatan lainnya.

"Bahkan acara May Day yang dihadiri ribuan buruh juga dilaksanakan di Gejos. Dan pada tanggal 18-20 Mei 2017, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengadakan pameran dan symposium pelayanan publik yang akan dihadiri oleh Kemenpan RB," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...