Gairahkan Peternak Sapi Gemuk, Lazismu Salurkan Kurban Sapi 1 Ton

Gairahkan Peternak Sapi Gemuk, Lazismu Salurkan Kurban Sapi 1 Ton Wakil Ketua PWM Jatim H Sulthon Amien didampingi Ketua Lazismu Jatim, drh Zainul Muslimin melihat sapi kurban 1 ton, di halaman kantor PDM Sidoarjo, Rabu (30/8). foto:mustain/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur menyalurkan hewan kurban sapi seberat 1 ton pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Total ada 12 ekor sapi seberat 1 ton dari Lazismu Jatim dan Lazismu Sidoarjo.

Melalui Program nasional Nusantara Berqurban untuk Indonesia Berkemajuan (NBIB), Lazismu mendorong para Aghniya’ berkurban dengan sapi 1 ton yang gemuk, berat dan sehat. Sebab, pada sapi 1 ton itu, ketersediaan daging akan lebih banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang lebih luas dan merata bagi kaum dhuafa.

Selain itu, kurban sapi seberat 1 ton ini diharapkan menggairahkan peternak sapi gemuk. Selama ini, sapi yang dipotong berukuran kecil namun banyak.

"Dengan kurban sapi besar, maka bakal tercipta pasar sapi besar dan harganya bisa bagus. Sehingga ini bisa membantu peternak sapi," cetus Ketua Lazismu Jawa Timur, drh Zainul Muslimin di sela Milad ke-108 Muhammadiyah dan Launching Sapi Qurban 1 Ton, di halaman Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo, Jl Majapahit, Rabu (30/8).

Menurut drh Zainul Muslimin, total ada 12 ekor sapi seberat 1 ton untuk kurban yang disalurkan melalui Lazismu Jatim dan Lazismu Sidoarjo. Sedangkan kurban sapi melalui PDM Sidoarjo, total ada 90 ekor. "Kalau tahun lalu, total kurban sapi yang disalurkan Muhammadiyah di Jatim, ada 5.800 ekor sapi dari 32 Kabupaten/Kota," beber drh Zainul Muslimin.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, H Sulthon Amien mengapresiasi program kurban sapi 1 ton oleh Lazismu Jatim ini.

"Ini sudah tahun kedua (kurban sapi 1 ton). Animonya sudah bagus. Kami berharap tahun depan bisa meningkat lagi jumlahnya untuk kurban sapi 1 ton," imbuh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, H Sulthon Amien.

Sulthon pun berharap apa yang dilakukan Lazismu Jatim dengan mencanangkan gerakan kurban sapi 1 ton bisa menggaet wilayah di sekitar Jatim misalnya hingga Bali dan NTT. "Kami berharap bisa terus bertambah setiap tahun untuk kurban sapi 1 ton," tandas H Sulthon Amien. (sta/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO