Badal Haji Istri yang Meninggal

Badal Haji Istri yang Meninggal

>>>>>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<<<<<

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Wr Wb. Kiai Imam, ana (saya) mau tanya tentang hukum badal haji. Ibadah haji itu wajib bagi kaum Muslim yang mampu. Istri ana sudah tiada. kata orang harus dibadal hajikan. Ustaz yang terhormat, secara hukum kalau dia sudah tiada, tidak ada kewajiban ibadah pada Allah. Itu sama halnya dengan kewajiban ibadah mahdah yang lain. Mohon penjelasannya. Syukron.

Zainil, Pasuruan

Jawaban:

Waalaikum salam Wr. Wb.

Secara umum memang betul bahwa ibadah itu ada yang murni karena perintah Allah yang bersifat ta’abbudi yang irrasional. Ibadah mahdah seperti ini menggunakan sarana anggota tubuh yang bersifat individual, seperti salat, puasa dan haji. Khusus ibadah haji dan umrah ada dimensi harta. Jadi, untuk ibadah haji pelaksanaannya tidak hanya menggunakan sarana anggota tubuh, tetapi juga menggunakan sarana harta. Untuk itulah ibadah haji dan umrah biasa disebut sebagai ibadah wujdaniyah (ketulusan hati), badaniyah (menggunakan sarana anggota tubuh) dan maaliyah (menggunakan harta).

Ada juga ibadah yang bersifat rasional (ta’aqquli) yang teknis pelaksanaannya diserahkan pada akal kreatif manusia. Allah dan Rasul-Nya hanya mengatur prinsip-prinsip global yang harus menjadi pedoman. Ibadah seperti ini populer dengan ibadah tidak murni (ghairu mahdah) seperti jual beli, sewa menyewa, pegadaian dan lain-lain.

Kasus ibadah haji seperti yang Bapak tanyakan mempunyai dimensi ganda: peribadatan murni yang bersifat ta’abbudi-irrasional dan peribadatan ta’aqquli-rasional yang juga berdimensi harta. Jika haji dan umrah dipahami sebagai ibadah mahdah badaniyah yang irrasional, maka teknis pelaksanaannya bersifat individual dan tak bisa diwakilkan. Karena itu ulama rasionalis yang disponsori oleh Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa ibadah haji atau umrah tidak bisa diwakilkan atau dibadalkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO