Hari Santri, Petugas Satlantas Polres Blitar Kota Gunakan Atribut Ala Santri Layani Pemohon SIM

Hari Santri, Petugas Satlantas Polres Blitar Kota Gunakan Atribut Ala Santri Layani Pemohon SIM Petugas Satlantas Polres Blitar Kota mengenakan sarung dan peci saat pengarahan kepada para pemohon SIM.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemandangan berbeda nampak di ruang pelayanan pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas , Senin (22/10/2018). Dalam rangka peringatan 2018, para pemohon SIM ini dilayani petugas yang berdandan menggunakan atribut ala santri. Mereka menggunakan sarung, peci, dan sorban yang identik digunakan santri di pesantren.

Petugas laki-laki menggunakan sarung, lengkap dengan peci. Sementara untuk petugas perempuan menggunakan sorban putih yang diselempangkan di badan. Meski menggunakan pakaian berbeda yang tidak biasa digunakan sehari-hari, namun petugas tetap terlihat sigap melayani pemohon SIM.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, dalam rangka 22 Oktober 2018, anggota Polres yang bertugas pada pelayanan SIM memang diwajibkan menggunakan sarung berpeci hitam dan selendang putih. Hal ini sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada santri yang ikut dalam perjuangan merebut kemerdekaan RI.

"Ini adalah salah satu penghargaan kepada santri tepat di yang diperingati hari ini," ungkap Adewira Negara Siregar, Senin (22/10/2018).

Lanjut Adewira, identitas sarung, peci hitam dan sorban merupakan salah satu ciri khas yang harus dilestarikan sebagai bagian dari ragam budaya Indonesia.

Selain itu Adewira juga mengajak agar 2018 dijadikan sebagai momentum untuk menumbuhkan energi positif.

Sementara Kasatlantas AKP Bayu Halim Nugroho mengajak agar santri menjadi garda depan kesadaran keselamatan berkendara.

"Jadi walaupun santri, tetap harus melepas peci dan menggantinya dengan helm saat naik kendaraan roda dua," tutur Kasatlantas Polresta Blitar Bayu Halim Nugroho. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO