Sabtu, 06 Maret 2021 21:36

​Rawan Laka Laut, BPBD Blitar Ingatkan Wisatawan Waspada Liburan ke Pantai

Jumat, 28 Desember 2018 15:59 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Rawan Laka Laut, BPBD Blitar Ingatkan Wisatawan Waspada Liburan ke Pantai
Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengimbau wisatawan pantai selatan waspada. Utamanya mendekati libur tahun baru, di mana sebagian masyarakat biasanya menghabiskan masa liburan dengan mengunjungi wisata pantai.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan mengungkapkan, selain gelombang tinggi hingga mencapai 4 meter beberapa waktu lalu, di sepanjang pantai selatan Kabupaten Blitar juga rawan terjadi kecelakaan laut dan sering memakan korban jiwa.

"Panjang pesisir pantai di Blitar selatan mencapai 45 kilometer. Dan seperti kita ketahui di pantai selatan Kabupaten Blitar sering terjadi laka laut. Untuk itu kami mengimbau warga yang beraktivitas di pantai untuk waspada. Baik itu wisatawan, nelayan, pedagang, maupun warga sekitar," ungkap Heru Irawan, Jumat (28/12/2018).

Heru memperkirakan saat libur tahun baru nanti masih akan banyak wisatawan yang memilih mengunjungi wisata pantai. Untuk itu pihaknya meminta para relawan yang untuk selalu berkomunikasi dengan petugas BPBD terkait kondisi di lokasi wisata pantai.

"Kami tidak menerjunkan petugas khusus. Namun kami tetap menjalin komunikasi dengan para relawan agar selalu melaporkan kondisi di lokasi (wisata pantai) kepada petugas. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera diatasi," paparnya.

Dia juga mengingatkan kepada para orang tua, yang berencana berlibur ke wilayah pantai untuk tetap memantau anggota keluarganya saat berada di lokasi wisata pantai, terutama anak-anak.

Heru menegaskan, bahwa keselamatan adalah tanggung jawab semua pihak. Bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas ataupun relawan semata.

"Dan yang perlu kami sampaikan berkali-kali, masyarakat juga harus peduli menjaga keselamatan masing-masing maupun anggota keluarganya selama berlibur ke pantai. Utamanya mengawasi anak-anak," pungkasnya. (ina/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...