Baru 330 Orang Nelayan di Pasuruan Terdaftar Asuransi

Baru 330 Orang Nelayan di Pasuruan Terdaftar Asuransi Ilustrasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kesadaran nelayan di Kabupaten Pasuruan terkait program asuransi masih rendah. Hingga kini, baru 330 orang saja yang mendaftarkan dirinya melalui program asuransi, dari total 10 ribu nelayan yang tersebar di beberapa Kecamatan. Padahal, keberadaraan asuruansi sangat berguna untuk menjamin kecelakaan saat melaut mencari ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan Ir Slamet Nur Handoyo yang ditemui Bangsaonline.com menjelaskan keberadaan asuransi ini sangat penting. Sebab, risiko kecelakaan nelayan cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya terus mendorong kepada meraka untuk ikut program asuransi.

"Kami memandang asuransi ini sangat penting untuk tahun ini. Kami menargetkan 500 nelayan bisa mengikuti program asuransi," jelasnya.

Untuk memenuhi target itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi secara intensif kepada para nelayan. Apalagi nilai manfaat asuransi ini cukup besar. Ia mencontohkan besaran premi per tahun hanya Rp 175 ribu rupiah untuk yang paling tinggi. Sedangkan yang terendah Rp 75 ribu rupiah. Namun, jika mereka mengalami kecelakaan saat melaut, berhak atas klaim Rp 50 juta - 200 juta. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO