Nikmatnya Steak Bandeng di Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo

Nikmatnya Steak Bandeng di Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo Tampilan Steak Ikan Bandeng khas Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ikan Bandeng oleh masyarakat bisa dijadikan berbagai makanan dan masakan. Terbaru, rumah makan 'Asap-Asap' di kawasan Taman Pinang Sidoarjo membuat olahan Ikan Bandeng menjadi steak.

Steak Ikan Bandeng adalah variasi olahan baru untuk Ikan Bandeng. Sebelumnya, Ikan Bandeng hanya diolah menjadi Krupuk Bandeng, Asap-asap Bandeng, Otak-otak Bandeng, dan lain lain. Tingginya nutrisi yang terdapat di Ikan Bandeng menjadikan ikan ini menjadi favorit bagi masyarakat menjadi lauk pauk di meja makan sehari-hari.

Di Kabupaten Sidoarjo terdapat rumah makan yang menyuguhkan ikan bandeng sebagai menu utama. Di sini ikan bandeng tidak digoreng atau dibakar seperti olahan pada umumnya, namun ikan bandeng di sini dijadikan steak bandeng tanpa duri.

Ikan bandeng ukuran sedang diolah menjadi steak untuk memenuhi selera pasar. Muhammad Ali pemilik rumah makan 'Asap-Asap' mengatakan ide membuat steak bandeng ini karena melimpahnya ikan bandeng di Sidoarjo. Selain itu dirinya ingin membuat variasi yang lain dari olahan bandeng.

"Bandeng di Sidoarjo sangat melimpah dan saya ingin membuat menu yang lain dari bandeng ini. Sudah bosan dengan digoreng atau dibakar, maka saya buat steak," kata Muhammad Ali, Jumat (26/7).

Ikan bandeng yang dipilih ukuran 250 gram hingga 300 gram per ekor. Ikan bandeng ini pasokan dari daerah Kalanganyar Sedati yang dikirim sudah tanpa duri. Untuk bumbu, ikan bandeng direndam dalam air campuran kunyit, bawang putih, kemiri, dan garam. Tidak lupa jeruk nipis untuk menghilangkan amis pada ikan. Ikan lantas digoreng setengah matang, lantas dibakar di atas hot plate hingga matang.

Untuk penyajiannya, steak bandeng ini ditambah dengan sayuran wortel, jagung manis, buncis, dan kentang dan diberi saus khusus untuk Steak Bandeng. "Saus untuk Steak Bandeng ini berbeda dengan saus steak pada umumnya. Di sini kami memakai perpaduan 3 macam saus yakni saus barbeque, saus jamur, dan saus panggang," tambah Muhammad Ali.

Simak berita selengkapnya ...