Jelang Pilkada Serentak, SMD Minta Partai Politik di Situbondo Jaring Cabup Lewat Konvensi

Jelang Pilkada Serentak, SMD Minta Partai Politik di Situbondo Jaring Cabup Lewat Konvensi Ketua Sentral Mahasiswa Demokrasi (SMD) Situbondo Muhammad Qusyairi El Yusuf.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Situbondo tahun 2020 mendatang, Sentral Mahasiswa Demokrasi (SMD) Situbondo meminta partai politik melakukan penjaringan calon lewat konvensi.

Menurut ketua SMD, Muhammad Qusyairi El Yusuf, penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati lewat konvensi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan calon pemimpin di Kabupaten Situbondo yang berkualitas baik dan berpihak terhadap kepentingan rakyat.

"Kami minta kepada partai politik di Situbondo untuk melakukan penjaringan calon pemimpin Situbondo ini lewat mekanisme konvensi, supaya calon yang disuguhkan partai politik kepada masyarakat mempunyai kualitas yang baik," katanya.

Ia melanjutkan, selain bertujuan untuk mencari calon berkualitas, mekanisme konvensi ini juga menjadi ajang pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, sehingga sudah selayaknya partai politik melibatkan masyarakat dalam penentuan dalam pilkada mendatang.

"Konvensinya dibuat terbuka, ini juga akan memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Kalau ini dilakukan, partai politik sudah mewadahi kepentingan masyarakat. Dengan begitu kesan yang selama ini berkembang bahwa partai politik itu hanya milik elit dan golongan tertentu, terbantahkan," ujarnya.

Qusyairi khawatir, jika partai politik melakukan penjaringan tidak melalui mekanisme konvensi, calon pemimpin di Situbondo hanya dimonopoli oleh elit-elit partai politik, sementara figur-figur alternatif di luar partai politik tidak mempunyai ruang untuk menjadi pemimpin di Situbondo.

"Walaupun ruang melalui jalur independen itu ada, tapi kami menilainya sangat sulit itu terjadi, karena persyaratan lewat jalur perseorangan sangat rumit," terangnya.

Pria berdarah Madura ini juga berharap, dalam pilkada mendatang banyak calon yang muncul. Pasalnya, dengan banyaknya calon tersebut, masyarakat bisa mempunyai banyak pilihan. Tentu saja berdasarkan penilaian visi misinya, kemampuan calon mengeksekusi program dan integritas masing-masing calon.

"Ya kita harap nanti bisa muncul empat sampai 5 calon, karena di Situbondo ini banyak figur-figur potensial. Semakin banyak calon semakin bagus. Tidak hanya calon dari partai politik, dari jalur independen juga harus muncul," pungkasnya.

Seperti diketahui, ada sebanyak 270 daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak pada hari Rabu 23 September 2020 mendatang. Sebanyak 19 Kabupaten/kota ada di Jawa Timur, termasuk salah satunya yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut adalah Kabupaten Situbondo. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO