Lapas Banyuwangi Sudah Over, Pemda Siapkan Lahan 2 Hektar

Lapas Banyuwangi Sudah Over, Pemda Siapkan Lahan 2 Hektar Kepala Lapas banyuwangi Ketut Akbar Herry Achjar.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB dinilai sudah overload alias kelebihan penghuni. Sekarang ini jumlah penghuninya 1058 orang.

"Tempatnya sudah overload. Ini perlu lokasi baru, karena kondisi Lapas sudah melebihi kapasitas," ungkap Kepala Lapas Banyuwangi Ketut Akbar Herry Achjar kepada wartawan, kemarin.

Sehubungan dengan itu, pihak lapas sudah mengajukan perihal tersebut kepada pihak Pemda Banyuwangi. Keinginan itu mendapat respons positif.

"Pemda sendiri sudah menyiapkan lahan untuk lapas baru dengan luas 2 hektar 100 meter di daerah Kelurahan Pakis Banyuwangi," terangnya.

Di bagian lain keterangannya, Kalapas juga mengungkapkan pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, sebanyak 480 narapidana Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Banyuwangi mendapatkan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Saat dikonfirmasi terkait pemberian kepada narapidana binaannya di hari kemerdekaan, Kalapas Ketut Akbar Herry Achjar mengatakan, dari jumlah tersebut, 23 orang napi diberi bebas. Sisanya mendapatkan satu hingga enam bulan.

"Kami mengajukan sebanyak 538 orang kepada Kemenkumham secara online.Tetapi yang turun hanya 480 orang, Kemungkinan sisanya masih dalam proses," katanya. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO