Wali Kota Malang Minta FKPQ Bisa Lahirkan Satu Orang Hafidz/Hafidzah Tiap RW

Wali Kota Malang Minta FKPQ Bisa Lahirkan Satu Orang Hafidz/Hafidzah Tiap RW 100 anggota FKPQ tingkat Kelurahan hingga Kota saat mendengarkan pengarahan dan pembinaan dari Wali Kota Malang Sutiaji, Rabu (04/09). foto: IWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Malang Sutiaji berharap banyak kepada Forum Komunikasi Pendidikan Ilmu Alquran (FKPQ) agar dapat memunculkan seorang atau ah Quran, di tiap RW se-Kota Malang.

Harapan tersebut diungkapkan Sutiaji saat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada 100 orang anggota FKPQ tingkat Kelurahan hingga Kota, bertempat di Hotel Sahid Montana Malang, Rabu (04/09).

"Kami berkeinginan ada peningkatan untuk atau ah Quran di Kota Malang. Saat ini memang baru ada 56 di Kota Malang, tapi ke depannya tahun 2023, tiap RW harus bisa muncul satu orang hafal Quran, sehingga ketika dikalkulasi lebih 500 atau ah terbentuk," ujar Sutiaji.

Untuk mewujudkan itu, Sutiaji mengatakan bahwa melalui OPD Kesra Setda Kota Malang tengah merencanakan pemberian beasiswa bagi para penghafal Al Quran di Kota Malang.

"Di tahun 2020 kami berharap sudah berjalan. Di tiap Kelurahan mesti ada orang yang sudah hafidz atau Quran sebagai penerima setoran hafalan dari penghafal Quran tingkat RW," terang Sutiaji.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Malang Alie Mulyanto, mengaku siap mewujudkan permintaan wali kota. Ia mengaku akan berkolaborasi dengan Kemenag dan Ponpes untuk mendukung dan mendorong proses percepatannya.

"Metode penghafalan bisa dipandu secara bin nadhor (baca), atau cara bil ghoib (mendengar). Namun nantinya, hasil hafalan tetap disetorkan atau disampaikan kepada orang yang sudah atau ah Quran," tuturnya.

"Mengenai beasiswa sebagai bentuk support, kami masih membahasnya secara teknis seperti apa pastinya pemberiannya. Namun tahun 2020 harus sudah jalan," pungkasnya. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Menutup Jalan Penghafal Quran dengan Tembok, Ini Pengakuan Anggota DPRD PAN itu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO