Pilbup Blitar: Incumbent Rijanto-Marhaenis Jadi Pasangan Calon Terpopuler Versi Survei Unisba

Pilbup Blitar: Incumbent Rijanto-Marhaenis Jadi Pasangan Calon Terpopuler Versi Survei Unisba Perwakilan LPPM Unisba Blitar, Anam Miftakhul Huda saat menyampaikan hasil survei pra Pilbup Blitar 2020.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Balitar (Unisba) melakukan survei bakal calon bupati dan wakil bupati Blitar 2020. Hasilnya bisa ditebak, nama incumbent Rijanto-Marhaenis masih menjadi pasangan bakal calon paling populer. Popularitas keduanya mencapai angka 76 persen. Sementara 11 persen menjawab tidak setuju dan 13 persennya menjawab tidak tahu.

Untuk popularitas ketokohan yang paling dikenal warga Kabupaten Blitar, nama Rijanto juga bertengger di peringkat pertama dengan hasil survei mencapai 26 persen disusul Marhaenis Urip Widodo dengan hasil survei 23 persen. Di bawahnya terdapat sejumlah tokoh lain seperti Mak Rini, Heri Romadhon, dan Guntur Wahono.

Perwakilan LPPM Unisba Blitar, Anam Miftakhul Huda mengatakan survei itu menggunakan metode stratified multistage random sampling. Di mana jumlah sampel dalam survei itu adalah 492 responden dengan margin of error 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data survei atau penentuan responden di lapangan dilakukan pada 23 - 26 Februari 2020.

"Metode pengumpulan data dari responden terpilih yang memiliki hak pilih minimal berusia 17 tahun, melalui kuisioner dan wawancara dengan 2 responden tiap desa," tutur Anam, Minggu (1/3/2020).

Dijelaskannya penentuan 2 responden tiap desa, dilakukan acak yang terdekat di kantor desa setempat. Di mana Kabupaten Blitar terdiri dari 22 kecamatan dan 248 desa/kelurahan, serta jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 943.842. "Seharusnya total ada 496 responden, tapi ada 2 desa yang kuisionernya error di Kecamatan Kademangan, maka hanya 492 responden," paparnya.

Anam menambahkan, secara keseluruhan survei tersebut memunculkan empat nama besar di antaranya Rijanto dengan persentase mencapai 38 persen, kemudian Marhaenis Urip Widodo 34 persen, Mak Rini 18 persen, dan terakhir Heri Romadhon 9 persen.

Selain 4 nama itu juga ada sejumlah nama kandidat lainnya yang turut disurvei, seperti Abdul Aziz (kang Aziz), Gus Dain, Guntur Wahono, Abdul Munif, Tatas Alisjahbana, Suswati, M Trijanto, Sugianto, dan Bagus Nico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO