Sabtu, 15 Mei 2021 18:44

​Di Tebuireng Digelar Malam Ini, Acara 40 Hari Gus Sholah di Jakarta Dibatalkan

Kamis, 12 Maret 2020 13:39 WIB
Editor: MA
​Di Tebuireng Digelar Malam Ini, Acara 40 Hari Gus Sholah di Jakarta Dibatalkan
Ir KH Salahuddin Wahid ( Gus Sholah). foto: bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peringatan 40 hari wafat Dr (HC) Ir KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang rencananya juga akan digelar di Jakarta pada Sabtu, 14 Maret 2020, terpaksa dibatalkan. Pembatalan acara di Jakarta itu disampaikan langsung oleh Nyai Hj Farida Salahuddin Wahid, istri tercinta Gus Sholah lewat pengumuman resmi di grup-grup WhatsApp (WA) hari ini, Kamis (12/3/2019).

“Dengan tidak mengurangi hormat kami kepada Bapak dan Ibu sekalian. Setelah mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid 19 dan mengikuti arahan pemerintah dalam mengurangi kegiatan yang melibatkan jumlah massa yang besar, maka acara 40 hari Gus Sholah: dzikir, tahlil, dan doa bersama pada Sabtu 14 Maret 2020 di Jakarta dengan berat hari kami batalkan,” demikian pengumuman pembatalan itu.

(Pengumuman pembatalan acara 40 hari Gus Sholah di Jakarta yang diunggah Nyai Hj Farida Salahuddin Wahid, istri Gus Sholah, Kamis (12/2/2020). Foto: istimewa)

BACA JUGA : 

Gelar Silaturahmi, Gus Irfan Kenalkan Gemira ke Alumni Tebuireng

Gus Irfan Prihatin Santri Mbah Moen Gagal Dilantik Perangkat Desa Gara-gara Ijazah Pesantren

Kemendikbud Ceroboh, Pesantren Tebuireng Desak Minta Maaf dan Tarik Naskah Kamus Sejarah Indonesia

Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Sinar, Santri di Jombang Jajal Perpanjang SIM, Cukup Hitungan Menit

Meski demikian Nyai Farida yang dikenal sebagai tokoh Muslimat NU itu tetap berharap agar masyarakat mendo’akan Gus Sholah. “Dengan segala kerendahan hati, kami berharap Bapak dan Ibu tetap mendoakan almarhum Gus Sholah,” harap mantan aktivis Pergerakan Mahaiswa Islam Indonesia (PMII) itu. Di bawah pengumuman itu tertulis keluarga besar (alm.) KH Salahuddin Wahid.

Sementara acara 40 hari Gus Sholah di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur akan digelar malam ini, yakni Kamis malam Jumat (12/3/ 2020). Ustadz Amin Zaein, asisten pribadi Gus Sholah semasa hidup, menginformasikan tentang parkir kendaraan mengingat acara itu diprediksi bakal dihadiri ribuan massa.

(Ir KH Salahuddin Wahid (tengah) saat jadi pembicara di Institut Abdul Chalim Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Tampak Gus Sholah bersama Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim (kanan) dan Dr KH As'ad Ali Said. Foto: bangsaonline.com)  

Menurut dia, gerbang utama Pesantren Tebuireng hanya dapat dilalui para pejalan kaki. Sedang mobil dipersilakan parkir di Madrasatul Qur’an, pabrik gula, atau masjid Ulul Albab di belakang Pesantren Tebuireng.

Seperti diberitakan bangsaonline.com, peringatan 40 hari wafatnya cucu Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari itu bakal dihadiri ribuan massa peziarah, terutama para alumni Pesantren Tebuireng. Para kiai dan tokoh nasional juga diperkirakan banyak yang hadir.

“Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang akan memberi sambutan,” tutur Ustadz Amin Zein, Selasa (10/3/2020).

Selain Gubernur Khofifah, tegas dia, KH Kikin Abdul Hakim juga bakal memberi sambutan. Gus Kikin, panggilan akrab Kiai Abdul Hakim, memberi sambutan atas nama pengasuh Pesantren Tebuireng. Gus Kikin, kini memang pengasuh Pesantren Tebuireng, menggantikan Gus Sholah.

Menurut Amin, Gus Ipang Wahid, putra Gus Sholah, juga akan memberikan sambutan. Gus Ipang memberi sambutan atas nama keluarga Gus Sholah.

Masih menurut Amin, Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar dan Dr. KH. Manarul Hidayat akan menjadi pembicara. Prof Nazaruddin Umar adalah Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta. Sedang Kiai Manarul Hidayat adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Manar Azhari Limo Depok Jawa Barat. (MA)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...