Kiai Asep Tolak Bantuan Presiden Jokowi Bangun Asrama Santri, Kenapa?

Kiai Asep Tolak Bantuan Presiden Jokowi Bangun Asrama Santri, Kenapa? Presiden RI Joko Widodo saat silaturahim ke kediaman Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag, di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur, Kamis (6/9/2018). foto: MMA/ BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag mengaku ditawari bantuan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun pendiri dan pengasuh Pondok Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu menolak. Kenapa?

“Pak Jokowi nawari saya bantuan, terutama untuk membangun gedung asrama santri. Tapi saya bilang, maaf pak presiden, saya tidak bisa menerima. Saat itu Pak Jokowi didampingi Pak Pratikno,“ kata Kiai Asep dalam acara Munajat Covid-19 untuk Surabaya Raya yang meliputi Sidoarjo dan Gresik di Pondok Amanatul Ummah Surabaya, Senin (8/6/2020) malam.

Meski Kiai Asep tak pernah berhenti membangun gedung untuk sarana pendidikan di lingkungan pondok pesantren yang diasuhnya, tapi kiai yang memiliki 10.000 santri itu memang selalu menolak bantuan dari siapa pun, termasuk pemerintah.

“Sebenarnya saya tidak menolak, tapi masih banyak pondok pesantren kecil yang membutuhkan bantuan. Kan tidak adil kalau pesantren saya yang sudah cukup masih menerima bantuan, sementara banyak pesantren lain yang membutuhkan,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE.com.

(Presiden Jokowi hadir saat Kiai Asep dikukuhkan sebagai guru besar oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (29/2/2020). foto: Antara)

Selain itu, kata Kiai Asep, istrinya, Nyai Hj Alif Fadlilah juga selalu menolak, jika ada orang mau membantu pondok pesantren yang dipimpinnya, termasuk pemerintah. “Istri saya orang paling depan menolak. Istri saya bilang, butuh uang ya mas. Kalau tak punya uang saya kasih,” tutur Kiai Asep sembari tertawa.

Menurut Kiai Asep, istrinya memang memiliki uang banyak. Bahkan dalam satu bulan penghasilan istrinya bisa mencapai miliaran. “Istri saya mengola empat kantin,” katanya.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO