Jumat, 07 Agustus 2020 21:55

Sebanyak 20 Desa di Balongbendo Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

Rabu, 17 Juni 2020 10:02 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Catur Andi
Sebanyak 20 Desa di Balongbendo Luncurkan Kampung Tangguh Semeru
Peluncuran 20 Kampung Tangguh Semeru Kecamatan Balongbendo tersebut, berlangsung pada Selasa (16/6/2020) malam bertempat di Desa Jabaran, Balongbendo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komitmen untuk mewujudkan ketangguhan di tingkat desa dalam segala hal, termasuk tangguh menangkal penyebaran Covid-19, sebanyak 20 desa di Kecamatan Balongbendo kompak meluncurkan Kampung Tangguh Semeru.

Peluncuran 20 Kampung Tangguh Semeru Kecamatan Balongbendo tersebut, berlangsung pada Selasa (16/6/2020) malam bertempat di Desa Jabaran, Balongbendo. Dengan dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Forkopimka Balongbendo, serta perangkat desa dan warga setempat.

Ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, serta penyerahan bantuan sembako dari Plt. Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo serta Dandim 0816 Sidoarjo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengecekan ruang isolasi, ruang kesehatan, lumbung panngan juga ada sentra UMKM warga.

Camat Balongbendo Puguh Santoso menyampaikan bahwa sebagian besar wilayahnya berkomitmen dan bersungguh-sungguh, mewujudkan wilayah yang tangguh di berbagai sektor. Termasuk tangguh dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Bahkan dengan terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di wilayahnya terdapat warganya yang sembuh dari Covid-19.

Adanya 20 desa di Kecamatan Balongbendo, yang telah membentuk Kampung Tangguh Semeru diapresiasi Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin.

"Semua wilayah baik desa maupun perkampungan di Kabupaten Sidoarjo harus semarak dalam membentuk Kampung Tangguh Semeru. Banyak manfaat dari ada program ini. Meskipun menuju new normal, juga harus terus ada. Namun para warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari," pesannya.

Melalui kekuatan Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19.

Misalnya, dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru. Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita.

"Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh dan kondusifitas kamtibmas kita tetap aman," pungkas Kapolresta Sidoarjo. (cat/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...