Selasa, 29 September 2020 08:39

Dinilai Lebih Ampuh Lakukan Pendisiplinan, Ibu-ibu Jadi Ujung Tombak Jatim Bermasker

Kamis, 06 Agustus 2020 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Dinilai Lebih Ampuh Lakukan Pendisiplinan, Ibu-ibu Jadi Ujung Tombak Jatim Bermasker
Wali Lota Batu bersama anggota Forkompimda sesaat sebelum melakukan teleconference dengan Kapolda Jatim di TKS Pendem, Kamis (6/8).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah Jawa Timur, kini tengah digerakkan Jatim Bermasker. Salah satu ujung tombak Jatim bermasker yakni kalangan ibu-ibu. Mereka dianggap memiliki peran penting.

"Kalau tentara, polisi menjewer kuping orang yang tidak pakai masker pasti pelanggaran nanti kena HAM. Tapi, kalau ibu-ibu yang menjewer kuping bapak dan anaknya yang tidak pakai masker pasti ampuh," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil, Kamis (6/8/2020) sore, saat teleconference dengan Forkopimda Kota Batu di TKS Pendem.

Karena itu, melalui peran ibu-ibu, Fadil berharap tidak ada penyakit atau virus pulang ke rumah. Sehingga anak-anak dan suami terlindungi.

"Yang pasti, dengan ketegasan ibu-ibu kepada anak dan suami, akan menghambat penyakit atau virus pulang ke rumah. Jadi, lindungi suami lindungi anak," terang dia.

Sementara, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan berjalannya Jatim Bermasker seiring juga berjalannya masyarakat Kota Batu Bermasker saat ini. Diakuinya, bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung dan salah satu alasan penyebabnya adalah tidak disiplinnya masyarakat dalam penggunaan masker.

"Kita ketahui, pandemi ini terus berlangsung, dan satu alasan penyebabnya kita tidak disiplin. Makanya, Presiden sudah mengimbau bagaimana satu yang harus kita lakukan, pertama bermasker dulu," tuturnya.

Gerakan bermasker ini melibatkan sejumlah elemen, antara lain tim penggerak PKK dan organisasi kewanitaan, di antaranya Bhayangkari, Persit, Fatayat, serta Muslimat.

Ia berharap, dengan terlibatnya ibu-ibu secara langsung, baik dalam pembagian masker dan pendisiplinan, masyarakat bisa menjadi lebih baik dari yang lalu.

"Kami sudah mendisiplinkan sebulan lebih, tetapi kenyataannya belum sampai 50 persen dari masyarakat kita sadar. Mudah-mudahan ibu-ibu lebih berhasil dari kita. Karena, ibu-ibu paling ditakuti ketika memerintahkan sesuatu," tegas Dewanti.

Ditemui terpisah, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, kurang lebih ada 1.000 masker yang sudah diberikan secara simbolis kepada ibu-ibu PKK dan organisasi kewanitaan lain.

Menurut dia, ke depan akan lebih banyak masker lagi yang dibagikan hingga ke desa-desa. "Dalam dua pekan ini, kita fokus kampanye gerakan penggunaan masker. Forkopimda sampai Muspika akan sering turun ke bawah ke desa-desa mengimbau dalam penggunaan masker," urainya.

Berdasar pengamatannya, masyarakat Kota Batu sudah disiplin menggunakan masker. Hanya, masyarakat yang ada di kampung dan desa yang kurang disiplin menggunakan masker saat beraktivitas akibat jauh dari pantauan. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...