Sabtu, 31 Oktober 2020 17:45

Tuntut Kompensasi, Warga Sisir Minta Pembangunan Museum HAM Dihentikan

Minggu, 16 Agustus 2020 14:56 WIB
Editor: .
Wartawan: Agus Salimullah
Tuntut Kompensasi, Warga Sisir Minta Pembangunan Museum HAM Dihentikan
Warga menutup akses menuju proyek pembangunan Museum HAM menggunakan baliho.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Warga RW 06 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu minta pembangunan Museum HAM Munir dihentikan. Mereka mengaku kecewa, karena lahan museum yang merupakan eks bengkok Desa Sisir tersebut habis tanpa ada kompensasi kepada warga.

Untuk menyuarakan penolakan pembangunan Museum HAM itu, sejumlah perwakilan warga RW 06 Kelurahan Sisir memasang baliho di Jalan Sultan Hasan Halim yang menutup akses menuju lokasi proyek. Baliho itu bertuliskan "Hentikan Proses Pembangunan Museum HAM sekarang juga. Bengkok Sisir satu per satu habis tanpa kompensasi kepada warga. Sudah saatnya kami harus tegas. Adanya kompensasi yang adil bagi warga. Atau kembalikan status Sisir menjadi desa dan aset-asetnya".

Seperti diketahui, proyek pembangunan museum HAM Munir diawali peletakan batu pertama oleh Gubernur Jatim beberapa waktu laku dan dihadiri Ketua Komnas HAM dan Komnas Perlindungan Anak. Anggaran proyek tersebut sebagian dibantu dari APBD Provinsi Jawa Timur.

Menurut Najib, salah seorang warga RW 06, selama ini warga tidak pernah tahu sejumlah proyek yang berdiri di eks tanah bengkok Sisir tersebut. Namun, tiba-tiba ada pembangunan. 

"Contoh depo arsip yang pernah gagal, kemudian tahun berikutnya lelang lagi," cetusnya.

Namun ia mengakui jika untuk museum HAM sudah pernah ada sosialisasi. Hanya saja secara umum masyarakat sekitar tidak pernah dimintai aspirasi dalam penggunaan lahan eks bengkok. Termasuk apa manfaatnya secara langsung pada masyarakat.

Menanggapi penolakan warga tersebut, Suciwati, istri Alm Munir mengatakan, persoalan itu merupakan ranah Pemkot Batu karena berkaitan dengan aset Pemkot Batu.

"Harap menghubungi pihak pemkot ya. Tanah itu kan milik pemkot, jadi tidak ada urusannya dengan Omah Munir, apalagi keluarga," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Batu, H. Subiyanto, S.H. yang juga berasal dari Kelurahan Sisir berharap semua pihak yang terlibat dalam persoalan ini bisa duduk bersama, termasuk warga.

"Kita harus cari solusi yang terbaik. Insya Allah ada jalan keluar," tuturnya. (asa)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...