Sabtu, 10 April 2021 22:12

Anggap Ada Upaya Kriminalisasi, Puluhan Jurnalis Geruduk Polsek Giri Dukung Rekan Seprofesi

Rabu, 26 Agustus 2020 17:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ganda Siswanto
Anggap Ada Upaya Kriminalisasi, Puluhan Jurnalis Geruduk Polsek Giri Dukung Rekan Seprofesi
Tokoh LSM dan Jurnalis saat di Mapolsek Giri.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Puluhan jurnalis dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seluruh Kabupaten Banyuwangi menggeruduk Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Giri, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (28/8/2020).

Kedatangan puluhan jurnalis dan aktivis LSM itu guna memberikan dukungan dan solidaritas terhadap Teguh Prayitno, jurnalis media online Seblang.com dan Margito, jurnalis media cetak mingguan Patroli yang diduga dikriminalisasi.

"Kami bersama teman-teman jurnalis dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) seluruh Kabupaten Banyuwangi memberikan dukungan dan solidaritas kepada Margito dan Teguh Prayitno," terang Muhammad Helmi Rosyadi, Ketua Aliansi Rakyat Miskin (ARM) saat ditemui di Mapolsek Giri, Rabu (26/08/2020).

Dugaan rekayasa kriminalisasi tersebut bermula dari panggilan telepon yang dilakukan oleh salah satu kontraktor berinisial MA yang mengerjakan proyek pemerintah yang anggarannya bersumber dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi. MA mengajak pertemuan di salah satu kafe di Jalan Simpang Gajah Mada, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi.

BACA JUGA : 

Wartawan Banyuwangi Gelar Aksi Unjuk Rasa Kecam Arogansi Pengawal Menteri KKP

Buntut Pelaporan Bupati Ipong Soal Dugaan Pelanggaran PPKM Mikro, Ketua LSM 45 Dipanggil Polisi

​Beredar Foto Panas Mirip Bupati Banyuwangi, BCW Ajukan Hearing ke DPRD

Lawan Keputusan Organisasi, DPK Jaman Surabaya Dinonaktifkan

Dugaan rekayasa kriminalisasi tersebut bermula dari panggilan telepon yang dilakukan oleh salah satu kontraktor berinisial MA yang mengerjakan proyek pemerintah yang anggarannya bersumber dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi. MA mengajak pertemuan di salah satu kafe di Jalan Simpang Gajah Mada, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi.

"Saya ditelepon oleh kontraktor berinisial MA untuk diajak pertemuan di salah satu kafe, di situ ada anggota GMBI yang menuduh saya memeras kontraktor tersebut. Padahal saya tidak meminta uang seperser pun. Namun di sana disiapkan amplop yang telah disiapkan untuk menjebak saya," terang Margito.

"Namun, alhamdulillah saya bersama Teguh tidak mau menerima amplop tersebut. Kami tahu itu untuk menyuap, supaya kami tidak memberitakan pengerjaan proyek yang diduga tidak sesuai spesifikasi dan telah jatuh tempo," sambungnya.

Sebelumnya, Margito jurnalis Patroli, Teguh Prayitno jurnalis Seblang.com, Nanang Firmansyah jurnalis Bidiknews.co.id, Muhibut jurnalis Suaramerdeka.id, melakukan investigasi atas laporan dari masyarakat tentang dugaan penyimpangan pengerjaan proyek pembangunan plengsengan Kali Sukowidi di Lingkungan Sukowidi RT 04 RW 02 Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Proyek itu bersumber dari APBD Kabupaten Banyuwangi Tahun Anggaran (TA) 2020 dengan nilai kontrak Rp 196.254.000 dengan pelaksana CV. Anugrah Jaya Utama.

"Saya mendesak kepada Kapolsek Giri maupun Kapolresta Banyuwangi untuk tidak memproses hukum laporan dugaan kontraktor tersebut dan mendesak LSM GMBI Distrik Banyuwangi dibubarkan, karena belum memilik Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik," pungkas Helmi, salah satu pentolan LSM. (gda/ian)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...