Rabu, 28 Oktober 2020 04:07

Bacalon, KPU, dan Bawaslu Mojokerto Gelar Deklarasi Protokol Kesehatan Covid-19

Kamis, 10 September 2020 18:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Soffan Soffa
Bacalon, KPU, dan Bawaslu Mojokerto Gelar Deklarasi Protokol Kesehatan Covid-19
Salah satu bacalon bersama Kapolres Mojokerto. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tiga bacalon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Mojokerto tahun 2020, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kab. Mojokerto melakukan Deklarasi Bersama Mematuhi dan Menaati Protokol Kesehatan Cegah Covid-19, Rabu (10/09).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kapolres Mojokerto Kota AKBP Dony Alexander yang digelar di Aula Polres Mojokerto ini dihadiri oleh Ketua MUI Kab. Mojokerto, perwakilan parpol pengusung paslon, LSM, Gugus Tugas Covid-19, netizen dan perwakilan kades se-Kab. Mojokerto. 

Termasuk juga pimpinan organisasi besar keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah untuk tetap menggelorakan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pemilukada Kab. Mojokerto sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun 2020.

Dalam sambutanya, kapolres mengatakan, Pemilukada Kab. Mojokerto tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 merupakan pesta demokrasi yang berbeda dari pilkada sebelumnya. Hal ini dikarenakan pilkada akan dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 sehingga setiap pelaksanaan tahapan pilkada yang sudah ditetapkan oleh KPU harus sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sukses atau tidaknya pesta demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja para calon bupati/wakil bupati dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan. 

Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu, akan sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilukada yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil di tengah pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaan pilkada serentak di tengah pandemi covid-19 KPU RI telah mengeluarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kapolres juga mengajak kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Mojokerto Tahun 2020 agar benar-benar mempedomani dan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten di setiap tahapan pilkada. Sekaligus mencegah munculnya klaster penularan baru di saat pilkada serentak tersebut dilaksanakan. (sof/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...