Banyak Bisiki Jokowi, Politisi PDIP Sebut Andi Widjajanto Pengkhianat

Banyak Bisiki Jokowi, Politisi PDIP Sebut Andi Widjajanto Pengkhianat Andi Widjojanto. Foto: moneter.co

BangsaOnline-Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon menyebut sekretaris kabinet (seskab) Andi Widjajanto sebagai seorang pengkhianat. Dia menilai, saran-saran yang diberikan oleh Andi kepada Presiden sering kali tak tepat dan tak memberikan jalan keluar.

Selain itu, Effendy juga menyebut Andi sebagai tokoh baru dalam politik yang kurang berpengalaman. "Itu pengkhianat, nggak tahu diri, anak baru kemarin tapi sudah sok atur republik ini," kata Effendy di Universitas Paramadina, Jakarta, Senin (26/1).

Lanjut dia, saran Andi yang kurang berpengalaman dan tak tepat ini juga diperburuk dengan posisi yang dinilainya terlalu cepat menjadi presiden. Bahkan, ia menyebut jabatan sebagai Presiden masih prematur.

"Tapi presidennya juga prematur ya susah, yang ngatur anak kecil, yang diatur prematur ya susah, inkubator jadinya," tambahnya.

Dalam catatan Wikipidea, Andi Widjajanto lahir 3 September 1971, kini berumur 43 tahun. Ia seorang pengamat pertahanan dan politikus Indonesia. Ia menjabat sebagai Sekretaris Kabinet dalam pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla sejak 3 November 2014.

Sebelumnya ia aktif sebagai Deputi Tim Transisi menjelang terbentuknya Kabinet Kerja.

Dosen tetap pada FISIP di Universitas Indonesia itu memiliki hubungan sangat dekat dengan PDIP, sedekat hubungan ayahnya Theo Syafei dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Andi, demikian biasa dipanggil, juga memiliki pengaruh kuat di lingkungan internal partai pengusung pasangan capres Joko WidodoJusuf Kalla.

Bahkan Marcus Mietzner, peneliti tentang Indonesia dari Australian National University (ANU) menyebut Andi Widjajanto sebagai salah satu figur dan pemikir penting  di hadapan Megawati pada pemenangan – JK. Banyak konsep kampanye hingga debat capres yang merupakan pemikiran orisinil Andi Widjajanto. Kapasitas Andi jauh berlipat-lipat melebihi kapasitas capres yang didukungnya.

Sumber: rol/wikipidea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO