Rabu, 21 Oktober 2020 05:42

Heboh, Warga Jombang Berburu Koin Kuno

Selasa, 13 Oktober 2020 12:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Heboh, Warga Jombang Berburu Koin Kuno
Koin kuno yang ditemukan di persawahan milik Samari, warga Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lahan persawahan milik Samari (50), yang berada di Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang kini ramai didatangi warga untuk berburu mata uang kuno, Selasa (13/10/20).

Warga mendapatkan informasi tersebut usai pemilik lahan menemukan barang kuno yang berbentuk mata uang kepeng cina dengan harga jual yang lumayan bagus, yakni 100 ribu rupiah per kilogramnya.

Menurut pengungkapan Samari, bahwa dirinya selama puluhan tahun menggarap sawahnya, tidak pernah sekali pun menemukan benda-benda purbakala. Baru pada sebulan lalu kepingan koin kuno yang diduga peninggalan masa lampau ia temukan.

“Sebenarnya saya mau meratakan tanah karena yang pinggir jalan agak tinggi. Tapi setelah mencangkul, saya menemukan koin. Kemudian warga beramai-ramai ikut mencari dari pagi, bahkan hingga larut malam masih ada warga yang mencari koin itu,” ucapnya.

Salah satu warga setempat, Pitono (40), mengatakan, bahwa dirinya mencari uang kuno dengan berbekal cangkul dan linggis. Ia mengorek-ngorek tanah di lahan yang belum ditanami itu.

“Kadang saya menggunakan tangan kosong untuk memilah tanah. Koin biasanya masih tersimpan dalam sebuah kendi. Tapi ada juga yang tercecer. Koin kuno ini bentuknya bulat kecil dengan lubang berbentuk kotak di tengahnya,” terangnya.

“Sampai saat ini, kurang lebih sudah ditemukan 15 kilogram koin. Lansung dijual ke pembeli dengan harga 100 ribu,” imbuh Pitono.

Sementara, Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho menegaskan, bahwa koin kuno yang ditemukan warga tersebut merupakan koin kepeng atau mata uang Cina. Untuk tahu dari abad berapa pihaknya mengatakan harus melakukan identifikas. 

“Kita lihat fisiknya dulu, dilihat tulisannya. Kalau dilihat itu seperti mata uang Cina, tapi kita pastikan dulu dengan identifikasi agar nanti jelas itu pada abad berapa,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui selulernya.

Menurut Wicaksono, dirinya menyayangkan perburuan benda purbakala oleh warga tersebut untuk diperjualbelikan. Seharusnya, temuan tersebut dilaporkan ke pemerintah desa dan dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

“Bila dilaporkan, pemerintah nanti bisa memberi kompensasi penemuan. Berburu koin kuno dan memperjualbelikannya termasuk tindakan pelanggaran,” ungkapnya.

Menurutnya, terkait cagar budaya sudah diatur UU RI Nomor 11 Tahun 2010. Pada pasal 103, disebutkan setiap orang yang tanpa izin melakukan pencarian cagar budaya bisa dipenjara paling singkat 3 bulan dan paling lama 10 Tahun. Dan/atau denda minimal Rp 100 juta, maksimal Rp 1 miliar.

“Jadi, apaila tidak dilaporkan, atau malah dijual, maka masyarakat malah bisa terkena pelanggaran,” pungkasnya Wicaksono. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...