Undang Perwakilan Komunitas, Kodim 0809 Kediri Gelar Komsos Ajak Taati Protokol Kesehatan

Undang Perwakilan Komunitas, Kodim 0809 Kediri Gelar Komsos Ajak Taati Protokol Kesehatan Danramil Plemahan, Kapten Inf. Nanang Masyhuri (nomor 4 dari kiri) bersama perwakilan komunitas. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna menumbuhkan kebanggaan terhadap NKRI, serta membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan, Kodim 0809 Kediri mengundang beberapa perwakilan komunitas di Kediri untuk mengikuti kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan komponen bangsa lainnya (Pembinaan Komunitas) di Makodim Kediri, Rabu (14/10).

Tema kegiatan tersebut adalah “Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa dalam Bingkai NKRI”. Komunitas-komunitas yang diundang antara lain Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kediri, Ludruk Praja Mukti Community, Pecinta Alam Comunity, Miniatur Community, Bonsay Community, Ojek Tradisional Community, Burung Kicau Community.

Dandim 0809 Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pasiter Kodim 0809 Kediri Kapten Inf. Muryono, mengatakan bahwa pembinaan komunitas ini sangat penting, mengingat perkembangan saat ini begitu cepat. Sehingga diperlukan tekad dan visi yang sama untuk terus menjaga keutuhan dan kemajuan Bangsa dalam bingkai NKRI. "Ke depan silahturahim, khususnya di tengah pandemi harus tetap kita jaga,” kata Kapten Inf. Muryono.

Sementara Kapten Inf. Nanang Masyhuri, Danramil Plemahan, mengajak seluruh komunitas untuk bahu-membahu membantu pemerintah menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda bangsa ini.

“Imbauan pemerintah harus ditaati bersama, yaitu protokol kesehatan haruslah terus dijalankan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak. Hal ini wajib dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” terang Kapten Nanang.

“Semua komponen bangsa harus menyikapi (pandemi, red) secara rasional. Karena bila tidak menyikapi secara rasional, maka hanya akan menyalahkan pemerintah saja. Padahal Pandemi ini juga terjadi di negara lain di dunia ini,” tuturnya. 

Melalui kegiatan pembinaan komunitas ini, Kapten Nanang berharap komponen bangsa yang di dalamnya juga terdapat komunitas-komunitas, bisa bersatu padu demi keutuhan NKRI. “Bangsa Indonesia adalah kumpulan dari 500-an suku bangsa dan 1. 025 'tapak' budayanya yang mendiami 17.504 pulau di wilayah NKRI yang luasnya 1.922.570 Km². Untuk itu, kita semua harus menyatukan visi dan misi demi kasatuan NKRI,” pungkas Kapten Nanang.

Sementara Sugeng Prayitno, Sekretaris Kosti Kediri, mengapresiasi kegiatan yang digelar Kodim Kediri ini. Menurutnya, dengan adanya undangan ini, artinya Kosti Kediri diakui keberadaannya oleh Kodim 0809 Kediri. Anggota Kosti Kediri saat ini ada 80 paguyuban yang tersebar di Kabupaten dan Kota Kediri, dengan jumlah anggota sekitar 4.000 orang.

"Kami senang dengan kegiatan ini, selain akan menambah pengetahuan, juga bisa menjalin komunikasi dan silahturahim, dengan komunitas lain yang ada di Kediri baik yang berada di Kabupaten Kediri maupun di Kota Kediri, mengingat wilayah Kodim 0809 Kediri itu mencakup Kabupaten dan Kota Kediri,” kata Sugeng. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO