Rabu, 21 Oktober 2020 06:31

Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah

Jumat, 16 Oktober 2020 15:21 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah
Ilustrasi. (by freepik)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bantu cegah penularan Covid-19 di masyarakat, Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember (Polije) membuat inovasi berupa sabun mikrojel berbahan dasar minyak jelantah.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Dahlia Indah Amareta mengatakan, pembuatan sabun mikrojel merupakan upaya untuk membantu masyarakat dengan membuat sabun yang ekonomis dan memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai.

"Sabun mikrojel ini terbuat dari minyak jelantah yang banyak sekali ada di rumah-rumah, karena sudah digunakan berulang kali," ujarnya saat dikonfirmasi di Kampus Polije, Jumat (16/10/2020).

Ia menilai bahwa jika minyak tersebut dibuang, dapat mencemari lingkungan. Oleh karenanya perlu dicari solusi, dan salah satunya dengan membuat sabun tersebut.

"Kita perlu sebuah inovasi, bahan bakunya sudah ada dan mudah, maka kita berikan pelatihan membuat sabun mikrojel kepada masyarakat," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa cara membuat sabun tersebut sangat mudah, yakni dengan cara minyak tersebut ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti daun sirih dan kandungan zat yang aman untuk tubuh manusia.

"Ya kita campurkan daun sirih yang memiliki kandungan antibakteri yang cukup bagus, kemudian ditambah beberapa zat yang aman dan mudah dicari," tuturnya.

Dengan ini pihaknya berharap, masyarakat khususnya yang menjadi binaan Polije di Desa Kemuning Lor Kecamatan Patrang bisa memanfaatkan ilmu ini. Ditambah lagi bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

"Ya kami ingin masyarakat bisa membuatnya lebih banyak dan digunakan, apalagi di tengah pandemi seperti ini," tutupnya. (jbr1/yud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...