Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah

Bantu Cegah Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Polije Kembangkan Inovasi Sabun dari Minyak Jelantah Ilustrasi. (by freepik)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bantu cegah penularan di masyarakat, Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember (Polije) membuat inovasi berupa sabun mikrojel berbahan dasar minyak jelantah.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Dahlia Indah Amareta mengatakan, pembuatan sabun mikrojel merupakan upaya untuk membantu masyarakat dengan membuat sabun yang ekonomis dan memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai.

"Sabun mikrojel ini terbuat dari minyak jelantah yang banyak sekali ada di rumah-rumah, karena sudah digunakan berulang kali," ujarnya saat dikonfirmasi di Kampus Polije, Jumat (16/10/2020).

Ia menilai bahwa jika minyak tersebut dibuang, dapat mencemari lingkungan. Oleh karenanya perlu dicari solusi, dan salah satunya dengan membuat sabun tersebut.

"Kita perlu sebuah inovasi, bahan bakunya sudah ada dan mudah, maka kita berikan pelatihan membuat sabun mikrojel kepada masyarakat," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa cara membuat sabun tersebut sangat mudah, yakni dengan cara minyak tersebut ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti daun sirih dan kandungan zat yang aman untuk tubuh manusia.

"Ya kita campurkan daun sirih yang memiliki kandungan antibakteri yang cukup bagus, kemudian ditambah beberapa zat yang aman dan mudah dicari," tuturnya.

Dengan ini pihaknya berharap, masyarakat khususnya yang menjadi binaan Polije di Desa Kemuning Lor Kecamatan Patrang bisa memanfaatkan ilmu ini. Ditambah lagi bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

"Ya kami ingin masyarakat bisa membuatnya lebih banyak dan digunakan, apalagi di tengah pandemi seperti ini," tutupnya. (jbr1/yud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO