Wali Kota Batu Launching Angkutan Wisata Batu-Bromo-Tuban

Wali Kota Batu Launching Angkutan Wisata Batu-Bromo-Tuban Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko didampingi Ahmad Wahyudi, Kasubdit Multi Moda Angkutan Ditjen Perhubungan Darat saat meluncurkan bus angkutan wisata.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kabar gembira bagi warga Kota Batu. Mulai Oktober ini, Ditjen Perhubungan Darat mengoperasikan 2 armada bus Damri sebagai angkutan wisata jalur Batu-Bromo dan Batu-Tuban tujuan Wali Limo. Launching bus wisata itu sendiri digelar bersamaan dengan puncak peringatan Ulang tahun Kota Batu ke-19, tanggal 17 Oktober 2020 kemarin.

Launching bus angkutan wisata ini ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko didampingi Ahmad Wahyudi, Kasubdit Multi Moda Angkutan Ditjen Perhubungan Darat.

Ahmad Wahyudi kepada wartawan mengungkapkan, penyediaan armada angkutan wisata ini merupakan program Dirjen Perhubungan Darat untuk menggairahkan lagi sektor wisata dalam rangka membangkitkan ekonomi setelah masa pandemi.

Program penyediaan angkutan wisata ini sudah berjalan sejak tahun 2019 di 5 KSBN. Sedangkan di tahun 2020 ada di 11 KSBN, termasuk Denpasar, Banyuwangi, Purworejo, Bukit tinggi, dan Kota Batu.

"Rute sementara armada angkutan wisata ini melayani Batu-Bromo dan Batu-Tuban ke wali lima, melewati jalur pantura. Bus ini berkapasitas 19 penumpang. Namun, di masa pandemi ini kursi hanya boleh terisi sekitar 12 penumpang," ujar Ahmad Wahyudi.

Ditjen Perhubungan Sarat masih akan melakukan uji coba angkutan wisata ini selama 2 hingga 3 minggu dan selanjutnya dilakukan evaluasi.

Adapun untuk tarif normal, angkutan wisata ini berbiaya sebesar Rp 175 ribu. Namun saat ini masih disubsidi oleh pemerintah sebesar 70 persen. Sehingga penumpang hanya cukup merogoh kocek Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu.

Dalam rangka HUT Kota Batu, Ditjen Perhubungan Darat menggratiskan 2 armada bus Damri itu selama 5 hari, terhitung mulai 18 Oktober 2020 hingga 22 Oktober mendatang untuk tujuan Batu-Bromo dan Batu-Tuban.

Sementara itu, Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menyambut baik penyediaan fasilitas angkutan wisata ini. Menurutnya, program ini memang diperuntukkan bagi daerah wisata yang punya potensi. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO