Rabu, 25 November 2020 21:47

​Hari Santri, RGEr Gelar Doa Bersama dan Khotmil Quran

Jumat, 23 Oktober 2020 00:46 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Hari Santri, RGEr Gelar Doa Bersama dan Khotmil Quran
Fuad Benardi (berdiri 3 dari kanan) larut dalam doa dan Khotmil Quran bersama Relawan Gus Eri Cahyadi (RGEr) di kawasan Gebang, Sukolilo. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai relawan yang berasal dari kultur nahdliyin, kegiatan Relawan Gus Eri Cahyadi (RGEr) tak lepas dari tradisi Nahdlatul Ulama (NU). Salah satunya Khotmil Quran yang digelar RGEr di kawasan Gebang, Sukolilo.

Koordinator RGEr, Sukma Sahadewa mengungkapkan, pihaknya simultan melaksanakan kegiatan seminggu dua kali dengan tuan rumah yang berbeda. Karena hari ini bertepatan dengan tanggal 22 Oktober yang diperingati sebagai Hari Santri Nasional (HSN), maka pihaknya menggelar doa bersama dan Khotmil Quran.

"Sebagai relawan yang berbasis massa nahdliyin, RGEr selalu melaksanakan tradisi NU. Apalagi hari ini bertepatan dengan Hari Santri, makanya kita gelar Khotmil Quran dan santunan yatim-piatu. Tentu salah satu doanya agar Gus Eri diberi kemenangan pada Pilwali 9 Desember mendatang," tutur pria yang akrab disapa Dokter Sukma, Kamis (22/10/2020).

Sukma melanjutkan, bagi RGEr, Eri Cahyadi bukan orang lain. Karena Mantan Kepala Bappeko itu adalah keluarga sendiri, bagian dari jemaah Nahdlatul Ulama.

Karena alasan itu, pihaknya mendukung Eri Cahyadi yang saat ini mendapat amanah sebagai calon kepala daerah bersama Armuji. Tentu harapannya, bila menjadi wali kota Surabaya Eri Cahyadi bisa menjaga dan memakmurkan tradisi NU yang sudah menjadi urat nadi warga Surabaya.

"Gus Eri itu teman kita, keluarga dan bagian dari jemaah NU. Dari sisi emosional sudah selayaknya kita dukung," tegas Ketua LKNU Surabaya ini.

Selain pertimbangan emosional, Dokter Sukma juga membeberkan alasan rasional RGEr mendukung calon nomor urut 1 tersebut. Ia menjelaskan keberhasilan Tri Rismaharini 10 tahun memimpin Kota Surabaya tak lepas dari sosok Eri Cahyadi.

Bahkan Sukma mengumpamakan Eri Cahyadi adalah otak sekaligus kaki dari Bu Risma. Sebab, Eri konseptor sekaligus pelaksana pembangunan di Kota Surabaya.

"Karena itu, wajar kalau Bu Risma merekomendasikan Gus Eri sebagai sosok pengganti beliau," ujar Sukma.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Kota Surabaya, Fuad Benardi mengaku senang dengan tradisi NU yang dilaksanakan oleh RGEr. Menurut putra Tri Rismaharini itu, sebagai basis sekaligus tempat awal NU berdiri, Surabaya tak bisa lepas dari tradisi NU.

"Selawat, Istigasah, Khotmil Quran, adalah tradisi NU yang tak bisa lepas dari Kota Surabaya. Saya yakin, Gus Eri akan meneruskan kebaikan yang telah dilakukan Bu Risma. Termasuk memakmurkan tradisi Nu," pungkas Fuad. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...