Debat Publik Pertama Pilkada Kabupaten Blitar, Pasangan Petahana Sodorkan Program Riil

Debat Publik Pertama Pilkada Kabupaten Blitar, Pasangan Petahana Sodorkan Program Riil Debat publik Cabup-Cawabup Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Debat publik calon bupati dan wakil bupati Blitar digelar di Hotel Grand Mansion Kota Blitar, Jumat (23/10) malam. Dua pasangan calon adu argumen untuk menarik simpati masyarakat melalui program kerja mereka yang tertuang dalam visi dan misi.

Kedua pasangan calon itu adalah Rijanto-Marhaenis nomor urut 1 yang merupakan pasangan calon petahana dan Rini Syarifah-Rahmat Santoso nomor urut 2 sebagai penantang. Debat publik pertama ini mengusung tema pembangunan ekonomi, sosial, dan pendidikan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Blitar.

Pertanyaan dari panelis yang dibacakan moderator tentang persoalan tambang galian C mendapat tanggapan berbeda dari dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 2 yang diberi kesempatan menjawab berjanji akan mempermudah perizinan tambang.

“Bumdes dan Bumdesma akan kita kembangkan, jadi dari desa untuk naik ke atas kalau memang itu tambang kita permudah untuk masalah perizinan dan lain sebagainya,” kata calon wakil bupati Blitar nomor urut 2, Rahmat Santoso.

Menanggapi pernyataan Paslon Nomor 2, Marhaenis mengatakan bahwa tambang galian C perizinanya bukan melalui pemerintah Kabupaten, melainkan dari pemerintah Provinsi. Sehingga soal perizinan tergantung dari Pemerintah Provinsi.

“Masalah tambang galian C memang cukup dilematis. Kita memang repot, di satu sisi masyarakat kita butuh makan namun di sisi lain kita dihadapkan dengan masalah izin,” ujarnya.

Terkait Pendidikan, kedua Paslon beradu program untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan Pendidikan. Paslon 2 berjanji akan menggratiskan Pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi.

“Pada intinya kita menjamin sekolah mulai dari Play Grup sampai kuliah gratis. Bagi masyarakat Blitar ber KTP Blitar Kabupaten,” kata Rahmat Santoso.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO