Rabu, 25 November 2020 09:26

Liburan Panjang, Tempat Wisata di Kabupaten Kediri akan Diawasi dengan Ketat

Rabu, 28 Oktober 2020 09:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Muji Harjita
Liburan Panjang, Tempat Wisata di Kabupaten Kediri akan Diawasi dengan Ketat
Kawasan Simpang Lima Gumul, salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Kediri. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Peringatan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito, agar daerah-daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia diminta siap siaga, mengantisipasi adanya klaster baru Covid-19, direspons cepat oleh Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kediri.

Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kediri, memastikan akan mengawasi secara ketat tempat-tempat wisata, termasuk wisata desa yang telah dibuka. Khususnya menjelang libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, pada 28-30 Oktober 2020.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi mengatakan, pengawasan tersebut dilakukan mengingat saat libur panjang, banyak wisatawan yang akan berkunjung, apalagi setelah sekian lama ditutup.

"Meskipun Kabupaten Kediri sudah dinyatakan zona kuning, namun tetap kita perketat karena penyebaran masih ada," kata Slamet, Rabu (28/10).

Slamet menyebut, satuan gugus tugas telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata untuk membahas dan memberikan wawasan protokol kesahatan yang harus dilakukan di lokasi wisata.

"Hari Senin dan Selasa kemarin, kita sudah mengumpulkan seluruh pengelola wisata, yang saat ini sudah buka, untuk diberi penekanan kepatuhan protokol," terang Slamet.

Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan satuan tugas tingkat kecamatan, untuk memantau secara ketat lokasi wisata yang telah dibuka. Para pengelola juga dikenakan wajib melapor ke satuan tugas terkait penerapan protokol yang dilakukan.

"Kami sudah mengirimkan surat ke gugus tugas desa dan kecamatan," ujarnya.

Selain itu, Slamet juga menyebut setiap pengelola diwajibkan untuk mencatat seluruh wisatawan yang datang. Hal itu dilakukan untuk mempermudah tracing jika terjadi penularan di lokasi wisata.

Lebih lanjut, Slamet mengimbau masyarakat Kabupaten Kediri untuk tetap di rumah saja selama masa pandemi belum berakhir. Jika ingin keluar rumah diharapkan untuk mematuhi protokol yang berlaku.

"Libur panjang sebaiknya di rumah saja, family time dengan keluarga. Tetapi jika tetap ingin keluar berwisata, tetap patuhi protokol kesehatan yang ada, cuci tangan, dan jangan keluar jika sedang tidak enak badan," tutup Slamet. (uji/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...