ICIS Kecam Presiden Prancis karena Bela Penghina Nabi Muhammad

ICIS Kecam Presiden Prancis karena Bela Penghina Nabi Muhammad KH Khariri Makmun. foto: ist/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - KH. Khariri Makmun, Wakil Direktur Eksekutif International Conference of Islamic Scholars (ICIS) mengecam keras tindakan jahat yang menghina SAW yang dilakukan Samuel Paty, 47, seorang guru di yang kemudian menyebabkan terjadinya pembunuhan.

Pengasuh Pesantren Algebra, Ciawi Jawa Barat itu juga mengecam Presiden Emmanuel Macron yang membela penghinaan terhadap dengan dalih kebebasan berpendapat. Macron bahkan langsung menyebut serangan itu sebagai "serangan teroris".

Ia menyatakan Samuel Paty dibunuh karena mengajarkan kebebasan berpendapat. Dalam pidatonya pada Jumat (2/10) lalu, Emmanuel Macron juga menyatakan bahwa Islam sebagai agama yang tengah mengalami krisis. Karenanya ia akan mendorong agama Islam untuk keluar dari sistem pendidikan dan sektor publik di melalui RUU yang akan dia ajukan.

“Sikap dan perilaku Presiden yang membela seorang warganya yang menghina Islam dapat memicu eskalasi kekerasan dan ekstrimisme di Eropa,” kata Khariri Makmun dalam rilisnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (28/20/2020).

(Samuel Paty. foto: (AFP via BBC/Kompas.com)

Seperti diberitakan, kasus penghinaan terhadap SAW dilakukan oleh Samuel Paty, 47, seorang guru di . Paty kemudian dibunuh oleh Abdullakh Anzorov, remaja Chechen berusia 18 tahun. Tak lama berselang, Abdullakh Anzorov juga ditembak mati oleh aparat keamanan . Bahkan begitu pembunuhan terhadap Paty tejadi, kepolisian bergerak cepat dengan menahan kakek, orang tua, dan adik Anzorov yang berumur 17 tahun.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO