Minggu, 24 Januari 2021 06:43

Apel Siaga Bencana, Warga Blitar Diminta Waspada Puting Beliung hingga Banjir Jelang Musim Hujan

Selasa, 17 November 2020 15:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Apel Siaga Bencana, Warga Blitar Diminta Waspada Puting Beliung hingga Banjir Jelang Musim Hujan
Apel siaga bencana di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (17/11/2020). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warga Kota Blitar diminta waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung. Bencana hidrometeorologi ini sangat ditentukan dari kondisi cuaca, utamanya menjelang musim penghujan.

Pjs. Wali Kota Blitar Jumadi menyampaikan hal tersebut dalam apel siaga bencana di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (17/11/2020).

Ia mengatakan, Pemkot Blitar bersama TNI dan Polri telah menyiapkan langkah tepat, untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi tersebut. Curah hujan yang mulai turun dengan intensitas sedang sampai tinggi harus diantisipasi.

"Kita mengantisipasi adanya bencana yang datang karena cuaca seperti banjir, longsor, dan puting beliung," ujar Jumadi.

Ia menjelaskan, kesiapsiagaan bencana merupakan bentuk kepedulian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Agar masyarakat merasa aman meski sedang dalam situasi cuaca ekstrem.

"Ini merupakan etalase agar masyarakat tahu sehingga mereka merasa aman, ayem dan tentrem serta tenang menjalani hidup. Semua unsur juga telah melakukan mitigasi mulai dari polres dan kodim. Karena negara harus hadir untuk melindungi masyarakat," ujar Jumadi.

Meski begitu, lanjutnya, kewaspadaan dan kepedulian masyarakat juga menjadi kunci penanggulangan bencana. Untuk itu, ia mendorong masyarakat untuk menghidupkan kembali gotong royong.

"Ini juga sebagai trigger kepada masyarakat agar mereka memiliki empati terhadap sesama, empati terhadap lingkungan dimulai hal-hal kecil sehingga jiwa gotong royong di masyarakat selalu muncul. Utamanya ketika ada bencana dan pascabencana," jelasnya.

Di sisi lain, Jumadi berharap agar kesiapsiagaan bencana ini beriring sejalan dengan pekerjaan rumah pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda. Selain mengantisipasi bencana, masyarakat dan seluruh elemen juga diminta untuk terus menjalankan protokol kesehatan.

"Jadi jangan sampai kita terlalu fokus mengantisipasi bencana kemudian lupa dengan pandemi Covid-19 yang masih belum mereda. Jadi harus beriring sejalan antara antisipasi bencana dan terus menjalankan protokol kesehatan untuk menekan angka penularan Covid-19," imbuhnya.

Apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi ini juga dihadiri Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, Dandim 0808/Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto, dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkot Blitar.

Usai apel, Pjs. Wali Kota Blitar dan Forkopimda Kota Blitar melakukan pengecekan peralatan. Mulai dari armada kendaraan, dapur umum, dan peralatan penanggulangan bencana. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...