Pengamat Unair: Erji dan Maju Punya Kans Sama di Pilwali Surabaya

Pengamat Unair: Erji dan Maju Punya Kans Sama di Pilwali Surabaya Dr. Yayan Sakti Suryandaru, M.A.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua pasangan calon (paslon) yang berlaga di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji (Erji) dan Machfud Arifin-Mujiaman (Maju), dinilai memiliki kans yang sama memenangkan kontestasi pilkada.

Demikian menurut kacamata politik Dr. Yayan Sakti Suryandaru, M.A., dosen dan peneliti dari Kòmunikasi FISIP Unair. Menurut Yayan, Erji maupun Maju sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan, baik dalam berkampanye dan debat publik. Tinggal bagaimana kedua pasangan ini memanfaatkan strategi yang bisa menarik hati pemilih masyarakat Surabaya.

"Erji harus 'kurangi' nama besar Risma dalam kampanyenya. Dia terkesan tidak pede kalau gunakan 'Risma' dalam tiap debat publik. Sedangkan Machfud-Mujiaman, belum memanfaatkan secara maksimal dukungan parpol yang mendukungnya. Jadi dukungan banyak partai tidak serta merta menangkan pilkada," ulas Yayan.

"Erji akan menang berbasis massa fanatik dan massa mengambang. Machfud-Mujiaman mengandalkan dukungan banyak partai yang tidak mengakar dan tidak punya basis pemilih. Apalagi Erji dan Machfud-Mujiaman mempunyai bidikan sama di masyarakat. Dan MA seperti kehilangan strategi yang jitu dalam meraih pemilih," bebernya.

Menurut analisis strategi mantan Kepala Depkom Unair ini, agak susah menyamai Risma yang paham kebutuhan masyarakat Surabaya. Kata Yayan, Risma sangat dicintai warganya, juga beberapa kali diganjar penghargaan internasional.

"Erji, paling tidak menyamai lah, kalau melebihi Risma agak sulit. Sedangkan Machfud-Mujiaman, harus lebih unggul data dibanding Erji," pungkasnya. (nf/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO