Minggu, 07 Maret 2021 09:20

19 Rumah Sakit di Gresik Gelar Vaksinasi Covid-19 Serentak

Senin, 18 Januari 2021 15:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
19 Rumah Sakit di Gresik Gelar Vaksinasi Covid-19 Serentak
Wabup Qosim didampingi Kadinkes drg. Ghozali, saat memantu vaksinasi Covid-19. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik melanjutkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Senin (18/1/2021). Hari ini, ada 19 rumah sakit (RS) yang mengadakan vaksinasi secara serentak. Tiap rumah sakit, rata-rata melakukan vaksinasi terhadap 15 orang.

Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim didampingi Kepala Dinkes drg. Syaifudin Ghozali memantau langsung vaksinasi di RS yang ditunjuk. Di antaranya, Rumah Sakit (RS) Semen Gresik dan Rumah Sakit (RS) Petrokimia Gresik.

Di dua rumah sakit milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, ada 30 orang tenaga kesehatan yang mendapat suntik vaksin Sinovac, masing-masing 15 orang tenaga kesehatan.

Sejumlah dokter dan perawat yang ada di rumah sakit tersebut tampak duduk antre menunggu panggilan.

Di Rumah Sakit Semen Gresik misalnya, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di rumah vaksin yang terletak di bagian belakang area rumah sakit tersebut. Rumah vaksin itu itu juga baru diresmikan penggunaannya, hari ini.

Saat itu, dokter Oktavianto Hari Prasetijo mendapat panggilan pertama. Setelah pendataan dan pemeriksaan, pelaknaan suntik vaksin dilaksanakan di ruang vaksin. Usai disuntik, dokter Oktavianto diistirahatkan di ruang observasi selama 30 menit dengan didampingi oleh tenaga kesehatan.

"Tidak merasakan apa-apa, sakitnya tidak terlalu, bahkan lebih sakit ketika diambil darah," ungkap dokter Oktavianto.

Wabup menyatakan, pelaksanaan vaksin hari ini berajalan lancar dan tidak ada kendala serta kejadian yang luar biasa. " Sepertipengakuan para anggota forkopimda serta beberapa orang lain yang telah melaksanakan vaksinasi pertama, mereka tidak mengeluhkan apa-apa. Mereka menyatakan merasa bertambah sehat," ujar wabup.

Menurut dia, pelaksanaan suntik vaksin di hari kedua berlangsung di seluruh rumah sakit di Gresik. Ada 19 rumah sakit yang melaksanakan vaksinisasi pada hari ini dengan jumlah rata-rata 15 orang yang divaksin.

"Pada hari ketiga besok, pelaksanaan suntik vaksin akan dilaksanakan di seluruh puskesmas di Gresik. Karena memang jumlahnya terbatas, tidak semua orang akan mendapat vaksin Covid-19 ini. Tapi akan tetap diupayakan pengajuan vaksin oleh pihak dinas kesehatan kepada pemerintah pusat," jelas wabup.

Disinggung beredarnya kabar ada anggota Kodim 0817 yang jatuh sakit setelah mendapat vaksin, wabup menyatakan kabar itu tidak benar alias berita hoaks.

"Pak Kasdim atas nama Mayor Inf. Sugeng Riyadi dari Kodim 0817 Gresik yang sudah melaksanakan suntik vaksin Sinovac gelombang pertama pada Jum’at pekan lalu sampai saat ini dalam keadaan sehat walafiat," pungkas Wabup. (hud/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...