Selasa, 09 Maret 2021 14:59

Status Sebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri Turun, dari Zona Merah ke Oranye

Selasa, 19 Januari 2021 10:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Status Sebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri Turun, dari Zona Merah ke Oranye
Slamet Turmudi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Setelah satu minggu berada di zona merah penyebaran Covid-19, status Kabupaten Kediri akhirnya turun ke zona oranye. Itu artinya, angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kediri bisa dikendalikan.

Slamet Turmudi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri mengatakan, Pemkab Kediri akan terus berupaya agar status bisa turun lagi ke zona kuning.

“Kami juga pastikan tidak ada klaster baru di Kabupaten Kediri,” kata Slamet Turmudi saat dihubungi melalui aplikasi percakapan WhatsApp, Selasa (19/2021).

Menurut Slamet, penyebaran Covid-19 selama ini masih didominasi oleh klaster keluarga. Hal ini pula yang membuat upaya melakukan pemetaan sedikit terkendala. Klaster keluarga muncul disinyalir karena adanya warga yang masih membandel melakukan perjalanan dan berlibur ke luar kota.

Masih menurut Slamet, banyaknya warga yang melakukan cek kesehatan secara mandiri membuat gugus tugas kesulitan melakukan pemetaan. Kesadaran warga untuk melakukan pemeriksaan mandiri, diakui Slamet, merupakan kemajuan. Namun memastikan mereka yang terjangkiti telah melakukan isolasi secara benar butuh pengawasan pemerintah.

“Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan meningkat, tetapi isolasi mandiri belum tentu dilakukan dengan benar, karena beberapa hal harus dipatuhi ketika melakukan isolasi mandiri,” jelas Slamet.

Slamet menambahkan, angka peningkatan ini juga berdasarkan adanya indikasi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih berkeliaran dengan bebas. Hal itu juga menjadi perhatian lebih bagi gugus tugas untuk mendapatkan kepastian sumber dalam melakukan tracing.

Slamet berharap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan bisa berjalan maksimal.

“Masyarakat harus tetap waspada. Apapun zonanya, imbauan kami tetap sama, tetap patuh protokol kesehatan seperti hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, dan pakai masker bila sedang di luar rumah. Karena bisa dibilang ini klaster suspect, kami harap masyarakat bijaksana, mulai dari diri sendiri,” pungkas Slamet yang juga Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri itu.

Untuk diketahui, berdasarkan penilaian mingguan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri, angka terkonfirmasi menurun dari 300 menjadi 207. Angka pasien meninggal juga mengalami penurunan, diimbangi dengan jumlah pasien sembuh yang meningkat.

Data terakhir pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kediri, per tanggal 18 Januari 2021 berjumlah 3.039 orang. Rinciannya, sembuh 2.571 orang, meninggal 250 orang, dan masih dalam perawatan di rumah sakit 218 pasien. (uji/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Selasa, 09 Maret 2021 06:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata banyak orang – bahkan pejabat - yang justru positif Covid-19 setelah vaksin sinovac. Loh? Kenapa? Lalu apa manfaat vaksin?Nah, tulisan Dahlan Iskan pagi ini, Selasa, 9 Maret 2021, menjawab pertanyaan-pertany...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...