Caleg Satu Dapil Tak Bersedia Gantikan Gus Yani, PAW Diambil dari Dapil Lain

Caleg Satu Dapil Tak Bersedia Gantikan Gus Yani, PAW Diambil dari Dapil Lain Imron Rosyadi bersama Moh. Abdul Qodir saat menunjukkan surat PAW Fandi Akhmad Yani. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dalam aturan, pergantian antar waktu (PAW) legislatif diambilkan dari caleg suara terbanyak di bawah anggota legislatif yang digantikan. Namun, tidak demikian dengan PAW anggota Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) yang baru saja ditetapkan sebagai Calon Bupati Gresik terpilih oleh KPU setempat. Caleg di bawah Gus Yani dalam satu dapil tidak ada yang bersedia menggantikan.

Hal itu diungkapkan diungkapkan Sekretaris DPC , Imron Rosyadi. Dalam proses PAW Gus Yani saat ini DPC menunggu surat persetujuan dari DPP untuk pengajuan PAW Gus Yani. Menurut Imron, Gus Yani pada pemilu legislatif (Pileg) 2019 maju melalui daerah pemilihan (dapil) II (Duduksampeyan-Cerme).

Sesuai mekanisme PAW, yang berhak menggantikan adalah caleg PKB dari dapil sama yang memperoleh suara terbanyak setelah tiga caleg PKB terpilih di dapil tersebut. Ketiga caleg PKB di dapil II yang sukses duduk di kursi hasil Pileg 2019 sesuai urutan perolehan suara adalah Fandi Akhmad Yani, kemudian Muhammad, dan setelahnya Mukaromah.

"Karenanya, caleg PKB di dapil sama yang berhak menggantikan (PAW) Gus Yani adalah caleg di bawah Mukaromah," beber Imron.

Namun, dari sekian caleg PKB dapil II yang perolehan suaranya di bawah Mukaromah, tak satu pun bersedia menggantikan Gus Yani dalam PAW. Untuk itu, PKB akan mencarikan pengganti posisi Gus Yani dari keanggotaan dari dapil lain.

"Saat ini pengganti Gus Yani tengah kami bahas," terangnya.

Imron menjadwalkan pada bulan Februari, PAW Gus Yani sudah diajukan PKB ke DPRD. Imron menyatakan tertundanya pengajuan PAW Gus Yani hingga hampir 4 bulan, lantaran PKB tengah konsen memenangkan Pasangan Cabup-Cawabup Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA) pada Pilkada Gresik 2020. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO