Selasa, 09 Maret 2021 01:31

Angka Sembuh dan Mati Sama Tinggi, ​Update Covid-19 di Kabupaten Blitar

Rabu, 17 Februari 2021 10:39 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Akina Nur Alana
Angka Sembuh dan Mati Sama Tinggi, ​Update Covid-19 di Kabupaten Blitar
Rumah isolasi milik Pemkab Blitar di LEC Garum. foto: akina nur alana/ bangsaonline.com

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar terus meningkat. Data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 3.548. Dalam sehari pada 16 Februari ada tambahan 21 pasien sembuh.

"Angka kesembuhan tinggi. Kami berharap penularan turun sehingga kasus juga terus turun. Karena sekarang rumah sakit sudah mulai relaksasi. Rumah isolasi juga sudah tidak antre," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Miftakhul Huda, Rabu (17/2/2021).

Namun, di samping tingginya angka kesembuhan, angka kematian pasien Covid-19 juga masih tergolong cukup tinggi. Menurut dia, jika dirata-rata kasus pasien positif yang meninggal masih di atas 7 persen atau dalam kurun waktu 24 jam ada tiga sampai delapan orang yang meninggal.

"Angka kematian kita masih di tujuh koma sekian persen. Ini masih tergolong tinggi. Rata-rata sehari ada 2 sampai 3 yang meninggal, bahkan beberapa hari lalu bisa sampai 9. Terakhir data yang kami terima pada 16 Februari ada 5 pasien positif meninggal dunia. Total saat ini yang meninggal 325 orang," jelasnya.

Kata dia, angka kematian pasien positif Covid-19 rata-rata karena komorbid atau penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit lain seperti stroke dan jantung. "Iya, jadi kebanyakan memang komorbid seperti diabetes dan hipertensi. Ada juga yang stroke," papar Huda.

Sementara untuk angka kasus harian, Kabupaten Blitar mencatat penurunan signifikan. Usai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama 2 pekan, jumlah penambahan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar sedikit demi sedikit mulai menurun.

Penambahan kasus harian penularan Covid-19 yang semula selalu di atas angka 50, kini turun menjadi 25 sampai 30 kasus saja per hari. Saat ini jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 4.105 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus aktif mencapai 208.

"Kami berharap dengan penerapan PPKM skala mikro ini nantinya terus menekan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar," pungkasnya.

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 08 Maret 2021 05:25 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Politik dan bisnis sama kejam. Itulah persepsi yang berkembang. Tapi Elon Musk – pemilik Tesla - orang terkaya nomor 1 di dunia - dan Jim Farley – pemilik Ford – tak saling kudeta. Justru saling respek.Padahal mer...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...