Sabtu, 10 April 2021 21:57

Puncaki Harlah NU ke-98, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh

Minggu, 28 Februari 2021 23:25 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Puncaki Harlah NU ke-98, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh
BERDOA: PCNU Sidoarjo saat berziarah di Makam KH Abdy Manaf, di Desa Kloposepuluh Sukodono, Minggu (28/2). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar ziarah ke makam sejumlah masyayikh NU Sidoarjo, Minggu (28/2). Ziarah ini puncak acara peringatan Hari Lahir (Harlah) NU ke-98 yang digelar PCNU Sidoarjo.

Selain pengurus harian PCNU Sidoarjo, ziarah ke makam masyayikh NU Sidoarjo ini diikuti perwakilan badan otonom (banom), lembaga, dan badan di bawah PCNU Sidoarjo.

Masyayikh yang diziarahi merupakan para ulama, tokoh, dan penjuang NU yang juga mantan Ketua Tanfidziyah dan Rais Syuriah PCNU Sidoarjo, yakni KH Abdy Manaf, KH Husein Idris, KH Anas Al Ayyubi, dan KH Anwari Ismail.

Diketahui, KH Abdy Manaf menjabat Ketua PCNU Sidoarjo selama tiga periode, tahun 1992 hingga 2006. Kiai Abdy Manaf dimakamkam di Dusun Pasegan, Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono.

BACA JUGA : 

Hujan Tak Surutkan Kader NU Karang Pilang Hadiri Peringatan Harlah NU ke-98

​Bersama Warga, Banom NU Kedurus Gotong Royong Bersihkan Makam

Mengenang Harlah KHM Hasyim Asy’ari: Cari Cincin Istri Syaikhona Kholil, Hadratussyaikh Menguras WC

​Gubernur Sumsel: NU Jangan Dikotak Satu Partai, Saya Ketua ISNU Dua Periode dan Mustasyar NU

Diketahui, KH Abdy Manaf menjabat Ketua PCNU Sidoarjo selama tiga periode, tahun 1992 hingga 2006. Kiai Abdy Manaf dimakamkam di Dusun Pasegan, Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono.

Sedangkan KH Husein Idris merupakan Ketua Tanfidzdiyah PCNU Sidoarjo yang pertama. Kiai Husen menjabat pada tahun 1927-1928 dan makamnya berada di Dusun Mergayu, Desa Bebekan, Kecamatan Taman.

Untuk sosok KH Anas Al Ayyubi merupakan Rais Syuriah PCNU Sidoarjo periode tahun 1996 hingga 2001. Makamnya ada di bekas Desa Jatirejo, Kecamatan Porong di dekat kolam penampungan lumpur Lapindo.

Sementara, KH Anwari Ismail menjabat Rais Syuriah PCNU Sidoarjo pada tahun 1977 hingga 1982. Kiai Anwari Ismail dimakamkan di Kelurahan Celep, Kecamatan Sidoarjo.

Menurut Ketua PCNU Sidoarjo KH Maskhun, ziarah ke makam sejumlah masyayikh di Bumi Delta Sidoarjo ini, selain untuk meneladani perjuangan para masyayikh tersebut, juga dalam rangka memperingati Harlah NU ke-98.

Kata KH Maskhun, karena keterbatasan waktu dan pandemi Covid-19, maka makam yang diziarahi diambil dua tokoh unsur syuriah dan dua tokoh unsur tanfidziyah.

"Kami mohon maaf kepada para zuriyah (keturunan atau anak cucu) ulama yang pernah berkhidmat di jamiyah NU, yang tidak bisa seluruhnya (diziarahi) pada hari ini," ungkap Maskhun.

Selain menggelar tahlil dan doa, perwakilan PCNU Sidoarjo juga mengungkap sekilas mengenai masyayikh semasa aktif di PCNU. "Beliau berkhidmat kepada NU itu ada totalitas. Yang membidani dan meneruskan Siti Hajar (RSI Siti Hajar Sidoarjo) adalah beliau," cetus Wakil Ketua PCNU Sidoarjo Zainal Abidin mengenang sosok KH Abdy Manaf.

Zainal juga mengungkap, Kiai Abdy Manaf yang punya gagasan tentang penguatan ekonomi dengan membeli bus untuk digunakan jemaah NU. "Banyak hal totalitas berkhidmat ke NU sehingga nama beliau akan terus dikenang. Mudah-mudahan ini jadi inspirasi kita untuk berkhidmat ke NU," tandas mantan Ketua KPU Sidoarjo ini.

Sedangkan KH Anas Al Ayyubi sosok yang sangat sederhana, mengedepankan dzikir namun berpola pikir sangat moderat. "Dan juga sangat entrepreneur," ungkap Wakil Ketua PCNU Sidoarjo Arly Fauzi yang mengaku banyak dapat nasihat dari KH Anas Al Ayyubi soal berpolitik yang baik dan efektif.

Arly menambahkan, selain tidak punya rasa capek untuk bermujahadah, memikirkan umat, KH Anas Al Ayyubi selalu berpikir tentang kader dalam berdakwah di Porong dan Kabupaten Sidoarjo. "Ini yang perlu kita pikirkan bersama untuk kita teladani," cetus mantan Ketua DPRD Sidoarjo ini.

Kegiatan ziarah ke makam masyayikh yang digelar PCNU Sidoarjo ini mendapat apresiasi dari keluarga masyayikh. "Kami merasa bahagia. Mudah-mudahan (ziarah) ini menjadi kegiatan rutin rangkaian Harlah NU setiap tahun," ungkap Agoes Boedi Tjahjono, cucu menantu dari KH Husein Idris. (sta/ian)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...