Kamis, 15 April 2021 02:33

​Tongseng Depot Kurnia Jombang, Sehat Tanpa Santan

Senin, 15 Maret 2021 17:13 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Tongseng Depot Kurnia Jombang, Sehat Tanpa Santan
Tongseng Depot Kurnia. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Selama ini sebagian masyarakat menganggap masakan tongseng daging ataupun kambing kurang sehat lantaran banyak kolesterol. Namun, berbeda dengan Depot Kurnia yang berada di Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Di depot ini, dengan menu andalannya memang menawarkan sajian tongseng baik kambing maupun sapi, dengan rempah khas dan tanpa santan, sehingga tetap enak, gurih, juga lebih sehat. Daging ini, diolah menjadi dua menu utama, yakni tongseng juga sate.

"Menu utama dan jagoan kita di sini tongseng memang ya, kalau sate sebenarnya pelengkap saja," ujar pemilik depot, Kurniawati Saidah, Senin (15/3/2021).

Tongseng yang disajikan di sini bukan menu biasa, daging yang diolah menjadi tongseng benar-benar dimasak hingga empuk sebelum digoreng menjadi satu dengan kubis. Dua bahan utama ini, dicampur juga dengan irisan tomat yang menambah segar masakan.

BACA JUGA : 

Bupati Jombang Ancam Beri Sanksi ke ASN Jika Nekat Mudik Lebaran

Polres Jombang Ungkap Ratusan Kasus dalam Operasi Pekat Semeru Selama Dua Pekan

Diduga Kelelahan, Tukang Becak di Jombang Meninggal di Trotoar

11 Pasangan Mesum di Jombang Terjaring Razia, Ada yang Masih Telanjang Saat Buka Pintu Hotel

Olahan tersebut, kemudian disiram dengan kuah tongseng yang telah dibuat istimewa dengan bumbu khusus. Wanita 44 tahun itu menjelaskan, jika kuah tongseng buatannya ini memang spesial karena tak dibuat dengan santan seperti kebanyakan tongseng di Jombang.

"Jadi kita mengandalkan lebih banyak rempah-rempah dalam kuahnya, juga lebih sehat bagi yang khawatir kolesterol, dan karena pakai rempah, otomatis bisa menambah imun juga," terangnya.

Diceritakan, racikan bumbu ini didapatnya dari sejumlah riset yang dilakukannya sendiri. Berbekal hobi sering berburu kuliner di wilayah Jawa Tengah, dia kemudian meramunya menjadi masakan khas yang kemudian dia jual selama sebulan ini.

"Kebetulan memang hobi masak, suka kuliner juga, dan suami pendukung utamanya sampai jadi sajian ini," beber istri Kapolsek Mojowarno AKP Yogas tersebut.

Tak hanya tongseng, di depot ini juga menyiapkan menu lainnya sebagai pendamping, yakni sate kambing juga sapi. Sate ini, juga dimasaknya dengan cara Jawa Tengahan, sejalan dengan resep tongsengnya.

"Jadi sate ini kita olah dengan bumbu kecap dan irisan bawang sama cabai, tidak ada bumbu kacang seperti kebanyakan sate di Jawa Timur memang, tapi rasanya kita jamin tetap juara," imbuhnya.

Adapun untuk menikmati hidangan ini, pengunjung pun disebutnya tak perlu merogoh kocek sangat dalam. Setiap porsi tongseng sepaket dengan nasi hangat, dijualnya seharga Rp17 ribu, sementara untuk sate, harganya Rp32 ribu tiap 10 tusuknya.

Tak heran, warung yang berlokasi di Jl. Anggrek Nomor 22 B Desa Candimulyo ini, nyaris tak pernah sepi. Meski baru di-launchng sebulan belakangan, warung ini selalu kehabisan sebelum tutup.

"Kita buka sejak pukul 10.00 hingga 19.00 WIB setiap harinya, tapi biasanya habis sebelum tutup, jadi buat pelanggan bisa datang lebih awal saja," pungkas Kurniawati. (aan/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...